Download Soal PTS, UTS Matematika Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal matematika kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 ini sebagai bahan latihan persiapan dalam menghadapi pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Ganjil di Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah. Soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga memudahkan untuk mengoreksi benar dan salahnya hasil pekerjaan peserta didik.

Bagi Bapak Ibu guru yang mengajar bidang studi matematika kelas VIII SMP/MTs dan sedang mencari soal sebagai bahan acuan dalam pembuatan soal khususnya mapel matematika kurikulum 2013 terbaru admin sediakan di ruang ini. dan Bapak Ibu dapat download pada link di bawah ini.

Sebagai bahan referensi Konsep Penilaian dalam Pembelajaran Matematika, Bapak Ibu dalam menilai harus mengacu kepada Permendikbud Nomor 53 Tahun 2015, penilaian merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar. Penilaian yang dimaksud adalah penilaian hasil belajar oleh guru. Penilaian berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian dilaksanakan untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian. Penilaian bertujuan antara lain untuk (a) mengetahui tingkat penguasaan kompetensi, (b) menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi, (c) menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi, dan (d) memperbaiki proses pembelajaran.

Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Penjelasan ketiga aspek penilaian akan dibahas selanjutnya. Penilaian untuk aspek pengetahuan dan keterampilan dilakukan terhadap penguasaan tingkat kompetensi sebagai capaian pembelajaran. 

Soal yang dibagikan ini mengacu kepada buku guru dan buku siswa matematika kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Selengkapnya mengenai Soal matematika kelas 8 semester ganjil berikut link download di bawah ini.
Soal PTS, UTS Kelas 8 Semester 1 Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2018 DOWNLOAD

Baca juga soal-soal lainnya di bawah ini.
Soal dan Kunci Jawaban Matematika SMP Kelas 7 Semester Genap Kurikulum 2013 Lengkap Dengan Kisi-Kisi LINK DISINI
Soal UTS/PTS SMP Kelas VII (7) Semester 1 K-13 Semua Mata Pelajaran LINK DISINI
Soal, Kunci Jawaban, Pembahasan PTS / UTS / UKK Matematika SMP / MTs Kelas VIII (8) Semester 1 LINK DISINI
 
Inilah sekilah tentang soal matematika kelas 8 semester 1 di bawah ini.
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
Mata Pelajaran  : Matematika
Kelas                 : VIII (Delapan)
Semester           : I (Ganjil)
Acuan               : Kurikulum 2013

1. Batang korek api disusun dengan dengan susunan seperti pada gambar berikut.


Jika pola tersebut terus berlanjut, banyak batang korek api pada susunan ke-10 adalah ... batang.
A. 33
B. 36
C. 39
D. 42

2. Perhatikan pola bilangan berikut.
(3, 6), (6, 15), (8, 21)
Pernyataan yang tepat untuk mendapatkan bilangan kedua dari pasangan
bilangan pertama pada pola tersebut adalah ....
A. Ditambah 3
B. Dikalikan 2
C. Dikalikan 2 kemudian ditambah 3
D. Dikalikan 3 kemudian dikurangi 3

Petunjuk : Untuk soal no. 3 - 16, pilihlah salah satu jawaban yang benar sesuai dengan pola barisan yang diberikan.

3. 10, 30, 50, 70, ..., ..., ...
A. 80, 90, 100
B. 90, 110, 130
C. 100, 200, 400
D. 110, 130, 150

4. 2, 3, 8, 11, 16, ..., ..., ...
A. 19, 24, 27
B. 18, 23, 26
C. 20, 25, 28
D. 19, 25, 28

5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, ..., ..., ...
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20
D. 15, 20, 19

6. 1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21, ..., ...
A. 27, 31
B. 25, 31
C. 25, 30
D. 25, 29

7. 2, −6, 18, −32, 64, ..., ..., ...
A. −128, 254, −508
B. 128, −254, 508
C. −96, 128, −160
D. −254, 508, −1016

8. 90, 30, 10, ..., ..., ...
A. 10/3, 10/9, 10/27
B. 3, 2, 1
C. 7, 4, 1
D. 10/9, 10/27, 10/81

9. 4, −7, 10, −13, 16, ..., ..., ...
A. 19, −22, 25
B. −20, 25, −31
C. 20, −24, 28
D. −19, 22, −25

10. A, K, C, ..., E, O, G
A. D
B. L
C. N
D. M

11. 1, 3, 4, 7, ..., ..., 29
A. 11, 19
B. 11, 18
C. 10, 17
D. 10, 18

12. 1, 4, 9, 16, ..., ..., 49
A. 25, 36
B. 25, 30
C. 20, 36
D. 24, 34

13. 2, 4, 10, 11, 18, 18, 26, 25, ..., ..., ...
A. 32, 30, 40
B. 33, 31, 41
C. 34, 32, 42
D. 35, 33, 43

14. 1, 5, –1, 3, 7, 1, 5, 9, 3, 7, 11, 5, ..., ..., ...
A. 8, 12, 6
B. 9, 13, 7
C. 10, 14, 8
D. 11, 15, 9

15. 4, 10, ..., ..., 34, 44
A. 17, 26
B. 16, 22
C. 17, 25
D. 16, 25

16. 100, 92, ..., 79, ..., 70
A. 85, 73
B. 84, 74
C. 84, 71
D. 85, 74

17. Jika angka di belakang koma pada bilangan 7,1672416724167... dilanjutkan terus menerus, angka pada tempat kedudukan 1/1033 adalah ...
A. 1
B. 6
C. 7
D. 2

18. Angka satuan pada bilangan 2.0132.001 adalah ...
A. 3
B. 9
C. 7
D. 1

19. Jika n pada bilangan 1.248n adalah suatu bilangan bulat positif, nilai n agar angka satuannya 8 adalah ...
A. 2.013
B. 2.014
C. 2.015
D. 2.016

20. Jika n menyatakan banyak rusuk sisi alas suatu limas, maka banyak rusuk pada limas tersebut adalah ....
A. 3n
B. 2n
C. 3n + 1
D. 2n + 1

21. Diketahui titik A(3,1), B(3, 5), C(–2, 5). Jika ketiga titik tersebut dihubungkan akan membentuk
A. segitiga sama sisi
B. segitiga sama kaki
C. segitiga siku-siku
D. segitiga sembarang

22. Diketahui dalam koordinat Kartesius terdapat titik P, Q , dan R. Titik P(4,6) dan titik Q(7, 1). Jika titik P, Q , dan R dihubungkan akan membentuk segitiga siku-siku, maka koordinat titik R adalah ....
A. (6, 5)
B. (4, 5)
C. 6, 1)
D. (4, 1)

Untuk pertanyaan nomor 3 – 10 perhatikan koordinat kartesius berikut ini.
23. Koordinat titik A adalah ...
A. (5, 7)
B. (–5, 7)
C. (7, 5)
D. (7, –5)

24. Koordinat titik C adalah ....
A. (4, 4)
B. (–4, 4)
C. (4, –4)
D. (–4, –4)

25. Koordinat titik F adalah ....
A. (8, 6)
B. (8, –6)
C. (6, –8)
D. (–8, –6)

26. Koordinat titik H adalah ....
A. (6, 5)
B. (–6, 5)
C. (6, –5)
D. (–6, –5)

27. Titik-titik yang berjarak 3 satuan terhadap sumbu-X adalah ....
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G

28. Titik-titik yang berjarak 4 satuan terhadap sumbu-Y adalah ....
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G

29. Titik-titik yang ada di kuadran II adalah ....
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H

30. Titik-titik yang ada di kuadran IV adalah ....
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H

31. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu-X adalah ....
A. garis m dan n
B. garis m dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l

32. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu-Y adalah ....
A. garis m dan n
B. garis m dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l

33. Garis m dan garis n adalah adalah dua garis yang ....
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar

34. Garis n dan garis k adalah dua garis yang ....
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar

35. Garis yang berada disebelah kanan sumbu-Y adalah ....
A. garis m
B. garis n
C. garis k
D. garis l

36. Garis yang berada di bawah sumbu-X adalah ....
A. garis m
B. garis n
C. garis k
D. garis l

37. Jarak garis m terhadap sumbu- Y adalah ....
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan

38. Jarak garis k terhadap sumbu- X adalah ....
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan

39. Koordinat titik potong garis m dan l adalah ....
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)

40. Koordinat titik potong garis n dan l adalah ....
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)

41. Diketahui himpunan P = {1, 2, 3, 5} dan Q = {2, 3, 4, 6, 8, 10}.
Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (5, 10)}, maka relasi dari himpunan P ke himpunan Q adalah ....
A. kurang dari
B. setengah dari
C. dua kali dari
D. kuadrat dari

42. Empat orang anak bernama Tohir, Erik, Taufiq, dan Zainul mempunyai kesukaan masing-masing. Kesukaan Tohir belajar kelompok dan menulis cerpen, kesukaan Erik bermain komputer dan renang, kesukaan Taufiq menulis cerpen dan renang, dan kesukaan Zainul renang saja.
Anak yang mempunyai kesukaan menulis cerpen, tetapi tidak suka belajar kelompok adalah ....
A. Tohir
B. Erik
C. Taufiq
D. Zainul

43. Diketahui himpunan pasangan berurutan:
(i) {(0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3)}
(ii) {(1, 3), (2, 3), (1, 4), (2, 4)}
(iii) {(1, 5), (2, 5), (3, 5), (4, 5)}
(iv) {(5, 1), (5, 2), (4, 1), (4, 2)}
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan (fungsi ) adalah ....
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (iii) dan (iv)

44. Antara himpunan A = { a, b} dan himpunan B = {1, 2, 3} dapat dibentuk banyak pemetaan dengan ....
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 8 cara
D. 9 cara

45. Bila P = { a, b, c } dan Q = {1, 2, 3}, maka banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin dari P ke Q adalah ....
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 9 cara
D. 27 cara

46. Fungsi f : x → x + 1 dengan daerah asal {2, 4, 6, 8} memiliki daerah hasil ....
A. {2, 4, 6, 8}
B. {3, 5, 7, 9}
C. {1, 3, 5, 7}
D. {2, 3, 4, 5}

47. Jika diketahui f(x) = 2 x + 5 dan f(x) = –3, maka nilai dari x adalah ....
A. –3
B. –4
C. –5
D. –6

48. Diketahui fungsi f : x → 2x – 1. Pernyataan di bawah ini yang salah adalah...
A. 3 → 4
B. f(–5) = –11
C. jika f(a) = 5, maka a = 3
D. bayangan 1 adalah 1

49. Diketahui G(x) = ax + b. Jika G(–2) = –4 dan G(–6) = 12, maka bentuk fungsi G adalah ....
A. G(x) = –4 x + 12
B. G(x) = –4 x – 12
C. G(x) = –2 x + 6
D. G(x) = –4 x – 6

50. Daerah asal fungsi yang didefinisikan dengan fungsi f dari x ke 2 x – 1 adalah {x | −2 x < x < 3; x ∈ B }. Daerah hasilnya adalah .....
A. {–3, –1, 1, 3}
B. {–2, –3, –1, 1, 3, 4}
C. {–2, –1, 0, 1, 3}
D. { –1, 0, 1, 2}

51. ...... dst

Soal PTS, UTS Matematika Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Soal yang disajikan ini. Kami harapkan dapat membantu semuanya baik guru, maupun siswa dalam proses pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Tahun Pelajaran 2019/2020.

0 Response to "Download Soal PTS, UTS Matematika Kelas 8 SMP Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel