Contoh Jawaban Tugas Penilaian Diri Guru Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi 2019

Pada Diklat atau Pendidikan dan Pelatihan Pengembagan Keperofrsian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi Tahun 2019 merupakan program salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik.

Guru sebagai pendidikan profrsional mempunyai tugas utama yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan melatih, menilai serta mengevaluasi peserta didik. Guru sebagai tenaga ahli profesional memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan prestasi peserta didik. Dimana guru perlu mengaktualisaikan diri atau meng update diri dengan melalukan berbagai kegiatan diantaranya Pengembangan Keprofesian Berkelanutan. Dalam kurun waktu sampai sekarang ini Ditjen GTK telah melaksanakan PKB, PKP yang memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama peningkatan pedagogok dan profesional. Dalam Diklat PKP ini memfokuskan kepada memeintarkan peserta didik yaitu melalui pembelajaran berorientasi pada keterampilam berfikir tingkat tinggi.

Dalam kaitannya dengan Diklat PKB melalui PKP Basis Zonasi tahun 2019 ini adanya salah satu tugas yang harus selesai oleh guru sebagai peserta Diklat yaitu tugasnya " Penilian Diri Guru ". Lama Diklat yaitu selama 5 minggu, In dan On. In yaitu pertemuan seluruh peserta diklat di tempat atau wilayah pembelajaran yang sudah ditentukan dengan Guru Inti, Sedangkan On yaitu praktek guru di sekolahnya masing-masing.

Tugas Penilaian Diri Guru ini ada di In 1 dan harus selesai dan di bawa pada pertemuan In 2, disetorkan kepada Guru Inti.

Saya disini akan memberikan salah satu contoh jawaban dari tugas Penilaian Diri Guru atas nama Yanti Parida, S.Pd.SD dari SDN 2 Karyamukti Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat, lama mengajar beliau yaitu 16 tahun 09 bulan. Lihat selengkapnya seperti di bawah ini.


Silahkan miliki untuk referensi atau contoh Bapak dan Ibu sebagai peserta Diklat PKP.

PENILAIAN DIRI GURU

Nama Sekolah   : 
Nama Guru        : 
Lama Mengajar  : 

Jelaskan secara singkat apa yang Anda pahami terkait kompetensi pedagogik berikut!
Selengkapnya sebagai berikut.
Baca :

5
Perumusan Indikator pencapaian kompetensi (IPK)
Saya sudah merumuskan Indikator pencapaian kompetensi (IPK) dalam proses pembuatan tolok ukur yang digunakan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi.
6
Model-model pembelajaran
Saya sudah mempersiapkan metode pembelajaran seperti diskusi kelompk, bermainperan, ceramah sesuai rencana.
Model-model pembelajaran adalah kumpulan beberapa metode dan teknik pembelajaran yang dirangkai dalam langkah-langkah pembelajaran (sintak).
7
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS
Saya sudah membuat RPP sebelum pembelajaran.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berorientasi HOTS adalah RPP yang memuat perencanaan pembelejaran yang memperhatikan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi.
8
Pengembangan soal HOTS
Saya sudah menerapkan pengembangan soal HOTS.
Pengembangan soal HOTS adalah upaya yang dilakukan untuk membuat soal evaluasi yang merangsang kemampuan berpikir tingkat tinggi.
B
Profesional
Saya sudah mempersiapkan RPP yang tersusun secara sistematis sesuai format, dan melaksanakannya mulai dari awal sampai akhir pembelajaran.
Profesional adalah suatu kemampuan yang diperoleh dari proses pendidikan. Dengan kata lain, orang yang disebut professional adalah orang yang melakukan sesuatu tidak dengan asal-asalan/ amatiran.
9
Penguasaan materi, struktur dan konsep mata pelajaran yang diampu
Saya sudah mempersiapkan terhadap penguasaan materi, struktur dan konsep mata pelajaran yang diampu ini kemampuan yang dimiliki saya pada materi ajar, tata cara bagaimana materi ajar itu disusun dan rangkaian fakta yang membentuk sebuah mata pelajaran.
10
Pengembangan professional melalui tindakan yang reflektif
Saya melakukan pengembangan professional melalui tindakan yang reflektif ini merupakan suatu usaha/upaya yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme melalui kegiatan memikirkan kembali apa yang sudah dilakukan
  
                                                                                                ................., Oktober 2019

                                                                                                nama guru / peserta diklat 
Demikianlah terkait dengan tugas yang ada pada PKB melalui Diklat PKP Berbasis Zonasi tahun 2019 lengkap dengan jawaban yang sudah jadi atau fix. Semoga bermanfaat dan membantu Bapak Ibu pesetta Diklat. Selamat belajar

3 Responses to "Contoh Jawaban Tugas Penilaian Diri Guru Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi 2019"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel