Download Buku Guru dan Buku Siswa K-13 Kelas VI (6) SD/MI Semester 1 dan 2 Revisi 2018

Khusus anak-anak ku tercinta kelas enam sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah, juga kepada Bapak Ibu Gurunya, serta Para Orang Tua Wali Murid/Siswa. Artikel yang Admin sekarang tulis ini terkait dengan Buku Materi Pelajaran Tematik Terpadu Revisi 2018, 2019 Kurikulum 2013 baik Buku Guru maupun Buku Siswa, Buku Guru untuk acuan, referensi, Pegangan bahkan merupakan petunjuk dalam merancang, membuat serta dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didikyang termuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terutama pada bagian Materi dan Sumber Belajar. Tujuan memiliki buku materi pelajaran baik bagi guru dan bagi siswa selain yang di atas diantaranya adalah agar dalam pembuatan RPP sesuai dengan juknis dan aturan yang berlaku, karena dalam buku sudah ada Kompetensi Intinya.

KD Kelas VI SD/MI adalah sebagai berikut :
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya, serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
  4. Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.



Buku Guru dan Buku Siswa K-13 Kelas VI SD/MI Semester 1 dan 2 Revisi 2018, https://gurujumi.blogspot.com/
Buku Guru dan Buku Siswa K-13 Kelas VI SD/MI Semester 1 dan 2 Revisi 2018
Sebagai Pengantar
Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.
Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.
Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.
Buku ini merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu. Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritik, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.
Kami mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari semua pihak dalam penyempurnaan buku ini. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih berkualitas.

Tentang Buku Guru
Buku ini disusun agar guru mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku ini berisi hal-hal berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  4. Berbagai teknik penilaian siswa.
  5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah.
  7. Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut meliputi hal-hal berikut.
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Bagaimana Menggunakan Buku Guru
Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas.
Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk mencakup KI-1 dan KI-2 dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
  4. Dukunglah ketercapaian KI-1 dan KI-2 dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Temukan juga kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya, siswa tidak dapat mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).
  7. Beragam strategi pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya: siswa bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, dan menggambar), selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.
  8. Guru diharapkan mengembangkan: a. Metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (pakem); b. Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi; c. Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran; dan d. Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.
  9. Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.
  10. Pada semester I terdapat 5 tema. Setiap tema terdiri atas 3 subtema. Masing-masing subtema diuraikan menjadi 6 pembelajaran. Setiap pembelajaran diharapkan selesai dalam 1 hari.
  11. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu.
  12. Aktivitas minggu ke-4 berupa berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1–3. Berbeda dengan subtema 1–3, kegiatan minggu ke-4 diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Kegiatan dirancang untuk membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian siswa.
  13. Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik-terpadu.
  14. Buku siswa dilengkapi dengan bahan-bahan latihan yang sejalan dengan pencapaian kompetensi.
  15. Hasil karya siswa dan bukti penilaiannya dapat dimasukkan ke dalam portofolio siswa.
  16. Sebagai upaya perbaikan diri, buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.
  17. Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dalam keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar siswa, beragam faktor penyebab efektivitas, dan kesulitan belajar siswa sangat dibutuhkan.
  18. Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran). 
Kerjasama Dengan Orang Tua
Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dengan aktivitas belajar siswa. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran. Guru diharapkan membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua dan siswa di rumah.

Berikut Buku Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) terdari dari tema-tema seperti berikut ini :
Buku Guru & Buku Siswa Tema 1. Selamatkan Makhluk Hidup
Buku Guru & Buku Siswa Tema 2. Persatuan dalam Perbedaan
Buku Guru & Buku Siswa Tema 3. Tokoh dan Penemuan
Buku Guru & Buku Siswa Tema 4. Globalisasi
Buku Guru & Buku Siswa Tema 5. Wirausaha
Berikut Buku Tematik Kelas VI SD/MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) terdari dari tema-tema seperti berikut ini :
Buku Guru & Buku Siswa Tema 6. Menuju Masyarakat Sejahtera
Buku Guru & Buku Siswa Tema 7. Kepemimpinan
Buku Guru & Buku Siswa Tema 8. Bumiku
Buku Guru & Buku Siswa Tema 9. Menjelajah Angkasa Luar
Tema-Tema di atas dapat di unduh / di download secara gratis melalui tautan / link di bawah ini.
SEMESTER 1
BUKU GURU K-13 SD/MI Kelas VI (6) Revisi 2018
BUKU SISWA K-13 SD/MI Kelas VI (6) Revisi 2018

Baik Buku Guru dan Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013 Kelas VI SD/MI Semester 2 / Genap Rvisi 2018 dapat diunduh sekaligus >>> [ DI SINI ] <<< Karena kami simpan di WinRar, dan tampilan di GoogleDrive seperti pada gambar di bawah ini.

Buku Guru dan Buku Siswa K13 Revisi 2018 Kelas VI SD/MI Semester 2 Revisi 2018, https://gurujumi.blogspot.com/
Buku Guru dan Buku Siswa K13 Revisi 2018 Kelas VI SD/MI Semester 2 Revisi 2018
Tersedia untuk Buku Guru & Buku Siswa atau Materi Pelajaran lainnya, seperti di bawah ini.
Download Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Milikilah buku yang terbaru, baik untuk guru maupun untuk pegangan sisw / peserta didik. Karena pembelajaran Kurikulum 2013 suda…
Download Buku Guru dan Buku Siswa K13 Kelas 4 Semester 1 Tema 1, 2, 3, 4, 5 Revisi 2019 Plus Buku Matematika
Buku adalah jendela dunia. Jika ingin mengetahui segala hal informasi terutama materi pelajaran maka rajin-rajinlah membaca buku…
Rangkuman Materi Pelajaran PAI & BP Kelas 3 SD/MI Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2018
Inilah Materi Pelajaran untuk Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI & BP) SD/MI Kelas III (3) Semester 1 dan 2 Kuriku…
Download Rangkuman Materi SD/MI Kelas 2 Tema 2 Subtema 1, 2, 3, 4 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Rangkuman Materi pembelajaran untuk kelas 2 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang akmi bagikan ini yaitu Tema 2 Subtema 1, Subtema 2, Subtema 3, dan Subtema 4. Inilah bagaian dari materi untuk subtema 1 yaitu Bermain di Lingkungan Ruman Hari ini hari Minggu. Setelah membantu ibu dan ayah, Beni dan kakaknya, Tiur, bermain bersama. Mereka bermain perahu kertas. Ayo,...
Download Rangkuman Materi SD/MI Kelas 1 Semester 1 Tema 1, 2, 3, 4 Revisi 2018 Kurikulum 2013
Selamat sore sahabat semua ! Bagaimana kabarnya ? Semoga semua sahabat Guru Jumi berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Pa…
Demikianlah yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat membantu Bapak Ibu dalam mencerdaskan anak bangsa. Amiin.

0 Response to "Download Buku Guru dan Buku Siswa K-13 Kelas VI (6) SD/MI Semester 1 dan 2 Revisi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel