PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD

PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD - Apabila ada yang sedang mencari soal latihan ujian untuk kelas VI / 6 Sekolah Dasar khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia kami sharekan lengkap dengan pembahasannya.

PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD, https://gurujumi.blogspot.com/
PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD
A.    Berilah tanda silang (X) pada pilihan jawaban A, B, C, atau D yang paling tepat!
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1−3!

Bunglon, Binatang yang Bisa Berubah Warna
 

Bunglon adalah salah satu binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon bisa mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.
 


Bunglon memiliki kulit yang berlapis-lapis. Dalam lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang bisa melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jika pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.

Lihat :
Download Soal Latihan UAS Kelas 6 SD

Terkadang, bunglon mengubah warnanya tidak sesuai dengan lingkungan sekitar. Hal ini karena bunglon juga terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Saat marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan saat gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN

Indikator: Peserta didik dapat menggali informasi tersurat teks.

1.    Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
 
A.    Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.
B.    Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
C.    Dengan cara yang disebut mimikri.
D.    Dengan memantulkan sinar matahari.

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN

Indikator: Peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi teks.

2.    Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?

A.    Oranye
B.    Merah
C.    Kuning
D.    Hitam

Indikator: Peserta didik dapat melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks.

3.    Berikut ini adalah tabel perubahan warna bunglon.
1.    Melindungi diri    Sesuai lingkungan
2.    Perasaan negatif    (a) ....
3.    Perasaan positif    (b) ....

Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah ....

A.    (a) warna gelap; (b) warna terang
B.    (a) warna terang; (b) warna gelap
C.    (a) warna hitam; (b) warna kuning
D.    (a) warna hijau; (b) warna cokelat
Indikator: Peserta didik dapat menentukan sinonim.

Kami persilahkan :
UNDUH SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN  US MATEMATIKA KELAS 6 SD / MI

4.    Pada hari Minggu diadakan kerja bakti. Siswa kelas VI dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama membersihkan kelas, sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.

Persamaan kata bergaris bawah dalam kalimat tersebut adalah ....
A.    kumpulan
B.    regu
C.    gugus
D.    tim

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN

Indikator: Peserta didik dapat membandingkan isi teks.

5.    Perhatikan dua teks berikut!

Teks 1

Endah selalu saja memaki Hera. Padahal Hera tidak pernah berbuat buruk pada Endah. Entah mengapa Endah begitu membenci Hera. Hera selalu tabah jika Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat kejadian itu langsung menolongnya.

Teks 2

Sofy adalah anak yang sangat baik di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tidak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang paling pandai di kelas, Sofy sangat disukai oleh teman-temannya. Bahkan, guru-guru juga menyukainya.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....

A.    menolong orang walaupun ia suka mengejek
B.    disukai banyak orang karena suka menolong
C.    berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
D.    menolong siapa saja yang sedang membutuhkan

LEVEL KOGNITIF: APLIKASI

Indikator: Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.

6.    Bacalah paragraf berikut!

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah harus mengedukasi siswanya agar tidak jajan sembarangan dan membuat kantin sehat di sekolah.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang tepat adalah ....

A.    Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta seharusnya melakukan tindakan yang tegas pada yang melanggar.
B.    Siswa yang jajan sembarangan seharusnya mendapatkan hukuman dari sekolah.
C.    Program kebijakan Kepala Dinas
D.    Pembuatan kantin sehat di sekolah sebenarnya sangat merepotkan.

LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN

Indikator: Peserta didik dapat menentukan makna kata.

Unduh :
Soal dan Kunci Jawaban UAS Bahasa Indonesia SD Kelas 6 Semester 1
7.    Cermati paragraf berikut!

Besok pagi ada pelajaran menggambar. Bu Intan memberikan instruksi untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.

Makna kata bergaris bawah dalam paragraf tersebut adalah ....

A.    perintah
B.    pelajaran
C.    petunjuk
D.    peraturan

LEVEL KOGNITIF: APLIKASI

Indikator: Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.

8.    Perhatikan teks berikut!

M engolah kerang memerluk an beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari dalam kerang, daging yang melekat pada bagian dalam cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin juga ikut membuat pola model hiasan yang diinginkan. Pola ini berfungsi sebagai cetakan untuk menggambar sketsa pada cangkang kerang.

Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ....

A.    Mengolah kerang hanya membutuhkan dua langkah saja.
B.    Daging dalam cangkang tidak perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.
C.    Pembeli bisa ikut menentukan pola model hiasan yang diinginkan.
D.    Untuk menggambar sketsa pada cangkang diperlukan pola sebagai cetakan.

Silahkan Download di bawah ini.
Demikianlah info tentang soal USBN Bahasa Indonesia dan Pembahasan Kelas 6 Sekolah Dasar.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel