Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Tema 1, 2, 3, 4, 5

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Tema 1, 2, 3, 4, 5 - Betapa pentingnya pemetaan KD dalam menyusun menempatkan dan mengembangkan silabus berkelanjutan. Kegunaan Pemetaan ini yaitu sebagai alur pembelajaran dan untuk mencapai target pembelajaran. Pekerjaan ini seorang guru memerlukan telaah yang mendalam. Silabus disusun melalui pemaetaan KI dan KD.

Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Tema 1, https://gurujumi.blogspot.com/2, 3, 4, 5,
Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Tema 1, 2, 3, 4, 5
Penyusunan Kompetensi Dasar ini selain dapat dikerjakan oleh guru bisa juga dikerjakan melalui KKG dan MGMP hasilnya dibawa oleh guru ke sekolah untuk dilaksanakan dan dikembangkan dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sampai dengan evaluasi pembelajaran.

Tersedia juga :
Data PTK Guru Honorer Jabar-Banten Yang Aktif Menurut Dapodik Calon Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK / P3K)
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 49 TAHUN 2018 TENTANG MANAJEMEN PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (PPPK)
Tujuan Pemetaan KD selain yang di atas yaitu diantaranya adalah :
  1. Menentukan tingkat berfikir Kompetensi Dasar
  2. Menetapkan ranah proses berfikir yang terdapat dalam SK (Kata Kerja Opersional) yaitu isinya C1, C2, C3, C4, C5, C6.
  3. Untuk mengukur ranak Psikomotorik (kegiatan praktek), yaitu P1, P2. P3, P4.
Selesai menentukan tingkat berpikir atau tingkat keterampilan psikomotor tertinggi untuk masing-masing SK, kita lanjutkan untuk Kompetensi Dasar-nya. Tingkat berpikir dan psikomotor tertinggi untuk KD harus sama dengan SK. Setelah itu, kita menentukan indikator yang secara berturut-turut diperlukan untuk mencapai KD tersebut.

Dalam mencapai tingkat berpikir dan psikomotor suatu KD, maka tingkat berpikir dan psikomotor indikator dimulai dari yang terendah, ranah C1 atau C2 sudah cukup.

Secara bertahap diharapkan proses berpikir itu meningkat hingga tingkat tertinggi tercapai (C6). Karena psikomotor membantu mempermudah proses berpikir siswa, maka tingkatan psikomotor cukup dipilih yang sesuai, tidak bertahap secara rinci seperti tingkat berpikir.
Kami sediakan Pemetaan KD untuk kelas 6 sd tema 1-5 Kurikulum 2013 di bawah ini.
Semoga dengan adanya pemetaan KD ini proses pembelajaran termasuk memberikan evaluasi tidak menjadi salah kaprah, sehingga PBM dapar berhasil dengan optimal.

0 Response to "Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD Kelas 6 Tema 1, 2, 3, 4, 5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel