Download Soal Pilihan Ganda (PG) dan Isian Singkat OSN SD/MI Bidang IPA

Download Soal Pilihan Ganda (PG) dan Isian Singkat OSN SD/MI Bidang IPA

Pemilihan siswa berprestasi pasti akan diadakan untuk setiap tahun yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui kemendikbud, sesuai tingkatannya baik SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MAK atau yang sederajat untuk memilih putera-putri terbaik.

Seperti yang sekaran akan kami muat Soal Pilihan Ganda dan Isian Singkat untuk Tingkat Sekolad Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang pasti sedang dicari baik langsung oleh siswa calon peserta OSN IPA, maupun oleh guru pembimbingnya, dan bahkan orang tuanya sibuk untuk mencarikan contoh soal-soal yang sudah diujikan pada tahun-tahun sebelumnya.

Kami di sini akan membagikannya kepada semua yang sedang memerlukannya.
Selamat mencoba untuk mempelajarinya.
SOAL OSN SD/MI Bidang IPA
Nomor Ujian : ........................................
Nama Siswa : .........................................
PILIHAN GANDA
1. Untuk mengurangi laju transpirasi di musim kemarau, beberapa tumbuhan berkayu
    menggugurkan daunnya (meranggas). Ciri daun pada tumbuhan tersebut adalah . . . .
    A. berlapis lilin          B. lebar           C. tebal           D. berduri

2. If herbivore on a food chain is extinct, then. . . .
    A. the first consumer increase
    B. secondary consumer decrease
    C. predator lose the natural enemies
    D. omnivore replaces the role of herbivore

3. Empat butir telur dari spesies hewan yang berbeda diinkubasi dalam kondisi dan temperatur yang 
    optimal. Tabel di bawah menunjukkan waktu yang dibutuhkan telur hingga menetas. 
    Telur manakah yang dihasilkan oleh hewan di bawah ini?
Manakah ciri-ciri yang tepat untuk keempat hewan tersebut?
A. 3                 B. 1 dan 3                   C. 1, 2, dan 3                     D. 1, 2, 3 dan 4

6.    


Tubuh seorang siswa diputar ke arah kanan sebanyak 10 kali dalam kondisi membungkuk dan mata tertutup (lihat gambar). Setelah berhenti, siswa tersebut diminta untuk berdiri lalu berjalan lurus dengan tubuh tegak dan mata terbuka.
Hasilnya, siswa tersebut tidak mampu berjalan lurus bahkan hampir terjatuh ketika berdiri. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
A. mata berkunang-kunang sehingga kehilangan arah
B. saluran setengah lingkaran pada telinga terganggu
C. sistem peredaran darah menuju kepala terganggu
D. rangka tubuh tidak mampu beradaptasi dalam kondisi sekejap

7. Perhatikan bagan alir di bawah ini.
Kesimpulan yang dapat diambil dari bagan alir tersebut adalah:
1. Sistem organ yang berbeda di dalam tubuh kita bekerja sama sehingga tubuh kita dapat 
    melakukan metabolisme.
2. Proses pencernaan dan pernapasan termasuk sistem sirkulasi.
3. Sistem sirkulasi mengirim sari makanan dan oksigen ke dalam sel.
4. Makanan dicerna seluruhnya dalam usus halus pada sistem pencernaan kita.
Manakah kesimpulan yang tepat?
A. 1 dan 3       B. 1, 3, dan 4         C. 2 dan 4         D. 1, 2, 3, dan 4

8.    
Dari gambar di atas, yang termasuk tumbuhan monokotil ditunjukkan oleh gambar . . .
A. 1 dan 3        B. 2 dan 4            C. 2 dan 3          D. 1 dan 4

9. Perhatikan bagan dan hewan berikut.
Persamaan dari sel otot penyusun kedua organ tersebut adalah
1. Memiliki bentuk dan ukuran yang sama.
2. Memiliki mitokondria yang berfungsi menghasilkan energi untuk pergerakan otot tersebut.
3. Memiliki inti sel lebih dari satu.
4. Memiliki membran sel yang berfungsi mengontrol keluar masuknya suatu molekul.
Pernyataan yang benar adalah:
A. 1 dan 2         B. 2 dan 3          C. 2 dan 4           D. 3 dan 4

11. Banjir dapat disebabkan oleh pendangkalan sungai, penebangan hutan tanpa reboisasi, dan 
      kurangnya daerah resapan. Pilihlah dua upaya bijak yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir.
      A. mengubah lahan parkir menjadi taman kota dan membangun con block
      B. mengubah satu lahan kosong menjadi waduk dan membuat sungai buatan
      C. membuat biopori dan mengganti jalan perumahan beraspal menjadi con block
      D. membuat sumur dimana-mana dan membangun waduk

12. Berdasarkan grafik laju penguapan di bawah ini, bagaimanakah urutan gambar yang sesuai untuk 
      menggambarkan laju penguapan a, b, dan c secara berurutan?
Manakah dari pernyataan berikut yang benar tentang gambar di atas?
A. menghentikan proses pertumbuhan bakteri
B. menghilangkan zat-zat yang terdapat pada makanan
C. menambah kesegaran pada sayuran dan buah-buahan
D. memberi zat-zat tambahan pada makanan

14.   
Tanaman anggrek seperti gambar di atas merupakan tanaman epifit. Tanaman tersebut mendapatkan air untuk metabolisme tubuhnya dengan cara . . . .
A. menghisap air dari tanaman yang ditumpanginya
B. selalu memperoleh air langsung dari tetesan air hujan
C. memanfaatkan kelembaban aliran air di permukaan batang pohon yang ditumpanginya
D. memanjangkan akarnya hingga masuk ke dalam tanah

15. Perhatikan gambar populasi pohon akasia di bawah ini.

Gambar di atas menunjukkan bahwa di sekitar pohon akasia tidak terdapat pohon berkayu jenis lain. Hal tersebut disebabkan oleh . . . .
A. pohon akasia mengeluarkan senyawa alelopati yang menyebabkan pohon berkayu jenis lain di 
     sekitarnya tidak dapat tumbuh
B. sebagian besar nutrisi di dalam tanah diserap oleh pohon akasia sehingga tanaman di sekitarnya
     kekurangan nutrisi
C. sinar matahari tidak dapat menembus tutupan daun akasia yang sangat lebat sehingga tanaman di
     sekitarnya tidak dapat berfotosintesis
D. akar tanaman disekitarnya terhalang oleh akar akasia yang besar dan tumbuh menjalar ke segala
     arah

16. Anto ingin melakukan percobaan untuk mengklasifikasikan daun-daun dengan melakukan
      pengukuran panjang daun dan mengamati pola tulang daun. Pasangan alat apa yang paling tepat
      digunakan Anto adalah . . . .
Dari tabel di atas, benda yang paling renggang kerapatannya adalah . . . .
A. batu Bata         b. Es        c. Air      d. lem

19. Empat liter air bersuhu 250 C di tuangkan kedalam empat wadah yang berbeda masing-masing
      satu liter, seperti pada gambar.
Keempat wadah di gunakan untuk menyelidiki pengaruh panas terhadap pemuaian dengan cara memanaskan air hingga mencapai suhu 650 C. Wadah yang mana yang paling baik digunakan?
A. Wadah A              B. Wadah B            C. Wadah C              D. Wadah D
20. .... 21.... dst

30. Gambar dibawah ini menunjukkan sistem pengangkut air pada sumur.     
      Untuk meringankan pekerjaan mengangkat air dalam sumur, apakah yang harus dilakukan?  P : membuat W lebih panjang                                     

Q : membuat diameter X lebih besar
R : membuat diameter Y lebih kecil
S : membuat panjang tali Z lebih pendek
                                                                           A. P dan Q saja
B. Q dan R saja
C. P, Q, dan R saja
D. Semuanya
ISIAN SINGKAT 
31. Perhatikan gambar tersebut.
      a. Organ yang menghasilkan sel gamet ditunjukkan oleh nomor?
      b. Tempat perkembangan embrio ditunjukkan oleh nomor?
32. .....33......dst......
39. Bila kita menggosokkan pinggiran gelas kristal dengan tangan maka akan terdengar bunyi.
      Fenomena fisika yang terkait dengan bunyi ini disebut . . . .


40. Dinding kaca A dan B disatukan dengan membentuk sudut 90°. Jika sebuah benda bulat
      diletakkan di antara kaca, gambarlah bayangan yang dibentuk oleh kaca tersebut pada gambar
      kaca A dan B di bawah.
      (Ket: Gambarlah bulatan pada cermin sebagai jawaban)
Silahkan ambil soal dia atas selengkapnya ada pada tautan di bawah ini.
Soal lainnya :
Download Soal Olimpiade IPA SD
Download Soal Latihan Olimpiade IPA Sains SD
Kumpulan Soal Olimpiade IPA OSN SD
Selamat belajar, semoga mendapatkan apa-apa yang dicita-citakan. Sukses selalu yang selalu admin ucapkan. Amiin

0 Response to "Download Soal Pilihan Ganda (PG) dan Isian Singkat OSN SD/MI Bidang IPA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel