Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban Post Test UKG Modul KK A dan KK B Kelas Atas Guru Kelas SD

Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban Post Test UKG Modul KK A dan KK B Kelas Atas Guru Kelas SD

SOAL POSTEST KK A DAN KUNCI JAWABAN

SOAL LATIHAN MODUL A

PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT!
1.    Berikut  yang tidak termasuk ke dalam metode yang dapat digunakan untuk mengerjakan membaca dan menulis permulaan adalah ...
a.    Metode tematik
b.    Metode eja
c.    Metode suku kata
d.    Metode bunyi

2.    Berdasarkan sejarah dan legalitasnya, bahasa Indonesia mempunyai dua kedudukan yang sangat penting yaitu sebagai bahasa nasional dan sebagai bahasa resmi/negara. Adapun dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, bahasa mempunyai empat fungsi, salah satunya adalah ...
a.    Bahasa sebagai alat pemersatu berbagai masyarakat
b.    Bahasa resmi dalam perkembangan kebudayaan, pemanfaatan ilmu dan teknologi
c.    Bahasa bersifat produktif
d.    Bahasa resmi dalam perhubungan tingkat nasional

3.    Dalam paradigma profesionalisme sekarang ini, ada tidaknya nilai informatif dalam jaring komunikasi ternyata berbanding lurus dengan cakap tidaknya kita menulis. Pasalnya, selain harus bisa menerima, kita juga harus mampu memberi. Inilah efek jurnalisme yang kini sudah menyesaki hidup kita. Oleh karena itu, kita pun dituntut dalam hal tulis menulis demi penyebaran informasi.  Namun, persoalannya apakah kita peduli terhadap laras tulis bahasa kita. Sementara itu, yakinlah, tabiat dan tutur kata seseorang menunjukkan asal usulnya atau dalam penegasan lain, bahasa yang kacau mencerminkan kekacauan pola pikir pemakainnya. Buku ini memperkenalkan langkah-langkah pragmatik yang Anda perlukan agar tulisan Anda bisa tampil wajar, segar, dan enak dibaca.
Wacana tersebut termasuk ke dalam ragam bahasa ...
a.    Ragam bahasa ilmiah
b.    Ragam bahasa resmi
c.    Ragam bahasa tulis baku
d.    Ragam bahasa tak baku



Ilustrasi foto sedang pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG)-https://gurujumi.blogspot.com
Ilustrasi foto sedang pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG)
4.    Anak-anak kelas tiga diberikan tugas oleh bu Fifi untuk membersihkan halaman depan sekolah, sehingga nampak nyaman, asri dan indah. Langkah yang dilaksanakan dalam pemberlajaran oleh bu Fifi adalah ...
a.    Kerja kelompok, diskusi, desain, observasi, pembimbingan, implementasi
b.    Diskusi, desain, observasi, kerja kelompok, pembimbingan, implementasi
c.    Diskusi, kerja kelompok, desain, observasi, pembimbingan, implementasi
d.    Kerja kelompok, observasi, diskusi, desain, pembimbingan, implementasi

5.    Untuk mengetahui letak kelemahan yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dilakukan ...
a.    Diagnosis analitik
b.    Diagnosis umum
c.    Diagnosis psikologis
d.    Diagnosis patologis

6.    Identifikasi kemampuan awal dan karakteristik peserta didik merupakan salah satu upaya yang dilakukan para guru untuk memperoleh pemahaman tentang ...
a.    Desain program pembelajara dan pelatihan tertentu yang perlu dikembangkan
b.    Memperoleh informasi yang lengkap dan akurat
c.    Tuntutan, bakat, minat, kebutuhan dan kepentingan peserta didik
d.    Menyeleksi tuntutan, bakat, minat, kemampuan, serta kecenderungan peserta didik

7.    Klimaks adalah majas yang menyatakan beberapa hal secara berturut-turut dan makin lama makin meningkat, contohnya ...
a.    Bukan, bukan itu maksudku. Aku hanya ingin bertukar pikiran
b.    Semua pihak mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua pun mengikuti lomba
c.    Dialah yang kutunggu, dialah yang kunanti, dialah yang kuinginkan, dialah yang kuharap
d.    Kepala sekolah, guru, staff dan siswa juga hadir dalam pesta kelulusan itu

8.    Beginilah menjelang senja di jantung kota. Sekelompok remaja nongkrong  di atas motor model terbaru mereka sambil ngobrol dan tertawa-tawa. Ada juga remaja atau mereka yang beranjak dewasa duduk berdua-dua di bangku semen, di tas sadel motor, atau di trotoar. Anak-anak kecil berlarian sambil disuapi orang tuanya. Pengamen yang beristirahat setelah seharian bekerja dan orang gila yang tidur di sisi pagar. Ragam bahasa wacana tersebut adalah ...
a.    Ragam bahasa ilmiah
b.    Ragam bahasa resmi
c.    Ragam bahasa tulis baku
d.    Ragam bahasa tak baku

9.    Salovey dan Mayer (dalam Shapiro, 1997:5) menjelaskan bahwa berikut ini yang termasuk dalam kualitas-kualitas emosional yang penting untuk mencapai kesuksesan kecuali ...
a.    Empati
b.    Mengendalikan amarah
c.    Kemandirian
d.    Serius

10.    Pengelola Ancol memperkirakan sebanyak 500 ribu pengunjung hadir pada hari libur tahun baru 2016. Perkiraan ini dirasa tidak berlebihan mengingat membludaknya pengunjung pada tahun lalu. Sebagai daya tarik pengunjung, penglola menyiapkan berbagai acara hiburan dengan tema “Pesta Rakyat”, diantara pesta kembang api.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ...
a.    Membludaknya pengunjung di Ancol
b.    Daya tarik pengelola Ancol
c.    Perkiraan jumlah pengunjung Ancol

11.    Bu Yustira guru di kelas 1 SD sedang berupaya untuk mengakomodasi perbedaan perkembangan peserta didik asuhannya. Beberapa diantaranya masih belum bisa membaca dan menulis karena dukungan orang tua yang terbatas, sibuk bekerja, serta berasal dari keluarga ekonomi lemah. Kegiatan pertama yang harus dilaksanakan pada saat merencanakan pembelajaran adalah ...
a.    Mengidentifikasi konsep dan cara mengembangkan aspek yang sedang dibahas
b.    Mengumpulkan informasi dari orang tua yang terkait dengan prilaku dan kebiasaan peserta didik
c.    Konsultasi dan menyampaikan rencana program kegiatan kepada beberapa pihak seperti kepala sekolah, orang tua, dan guru.
d.    Menyampaikan rencana dan program kepada kepala sekolah, sejawat, dan orang tua peserta didik untuk mendapatkan dukungan

12.    Kerusakan lingkungaan merupakan salah satu masalah besar yang dihadapi oleh umat manusia di era modern sekarang ini. Hampir setiap hari kita selalu disuguhi dengan berita-berita tentang berbagai macam bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan bencana alam lainnya yang telah memakan banyak korban, baik harta maupun nyawa. Semua bencana ini sebenarnya adalah akibat pola hidup sebagian besar manusia modern yang tidak ramah lingkungan.
Paragraf di atas termasuk jenis wacara ...
a.    Argumentasi
b.    Persuasi
c.    Eksposisi
d.    Deskripsi

13.    Perbedaan kemampuan potensi peserta didik bisa mencangkup perbedaan dalam berkomunikasi, bersosialisasi atau perbedaan kemampuan kognitif, dan faktor yang menonjol dalam membentuk kemampuan kognitif adalah faktor ...
a.    Pembentukan diri dan lingkungan keluarga sekitar
b.    Pengaruh tahapan usia, kesehatan, dan tinggi badan
c.    Pembentukan lingkungan alamiah dan lingkungan yang dibuat
d.    Kemampuan anak berbeda dan meningkat

14.    Seorang guru memaparkan karakteristi seorang siswa sebagai berikut ;
-    Menunjukkan semakin baik dalam menggunakan logika berpikirnya
-    Dapat membina hubungan baik dengan teman sebaya di lingkungan sekolah.
Kedua indikator di atas menunjukkan pesesrta didik tersebut telah mengalami perkembangan dalam aspek ...
a.    Intelektual dan moral
b.    Intelektual dan sosial
c.    Intelektual dan spiritual
d.    Intelektual dan emosional

15.    Salah satu prinsip perkembangan adalah “ Laju perkembangan anak lebih pesat pada periode kanak-kanak dari periode berikutnya”. Implikasi terhadap pendidikan dari prinsip perkembangan tersebut adalah...
a.    Program (kurikulum) belar mengajar disusun secara bertahap dan berjenjang
b.    Program dan strategi pemnbelajaran seyogyanya diorganisasikan agar memungkinkan proses yang bersifat deduktif induktif
c.    Program dan strategi belajar mengajar seyogyanya beroritasi pada materi
d.    lingkungan hidup dan pendidikan kanak-kanak amat penting untuk memperkaya pengalaman dan mempercepat laju perkembangannya 


Lihat yang lainnya :
Download Kumpulan Gambar Logo-Logo Kementerian Republik Indonesia
16.    Bacalah wacana dibawah ini !
Pergilah Ari ke pasar menggunakan sepeda bututnya. Sesampainya di pasar, dibelilah kebutuhan-kebutuhan hidupnya bersama sang ayah yang sakit-sakitan. Setelah semua barang terbeli, ia kemudian mengayuh sepeda tuanya meuju rumahnya yang hanya berupa gubuk di pinggir sungai.
Paragraf di atas termasuk jenis wacana ...
a.    narasi
b.    argumentasi
c.    eksposisi
d.    deskripsi

17.    Kegiatan di sekolahku demikian padatnya. Setiap hari aku harus masuk pukul 07.00. agar tidak kesiangan aku harus bangun pukul 04.30. Setelah mandi aku shalat Subuh. Kemudian aku segera mengenakan seram. Tak lupa aku melihat lagi buku-buku yang harus aku bawa. Selanjutnya aku makan pagi. Lalu kira-kira pukul 06.00 aku berangkat. Seperti biasa aku berangkat menggunakan angkutan umum. Jarak rumah dan sekolahku tidak terlalu jauh, sekitar lima kilometer.
Paragraf tersebut termasuk wacana ...
a.    Eksposisi
b.    Deskripsi
c.    Narasi
d.    Argumentasi

18.    Hal-hal yang dilakukan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik adalah ...
a.    Memperhatikan atau menganalisis hasil observasi dan laporan hasil proses pembelajaran
b.    Mengidentifikasi kesulitan belajar pada bidang tertentu
c.    Menandai dan menemukan kesulitan belajar
d.    Menganalisis catatan hasil belajar

19.    Bu Ita ingin melakukan penilaian bercerita di kelas 3, khususnya dalam segi kebahasaan. Oleh karena itu, ia akan memperhatikan hal-hal berikut ini ...
a.    Ketepatan kata, ketepatan ucapan, ketepatan kalimat
b.    Ketepatan ucapan, pilihan kata, sikap yang wajar
c.    Pilihan kata, ketepatan ucapan, dan penggunaan kalimat
d.    Ketepatan ucapan, pilihan kata, mimik yang wajar

20.    Mereka menulis karangan bebas di kelas.
Kalimat yang memiliki pola yang sama dengan kalimat di atas adalah ...
a.    Paman menanam pohon mangga di halaman rumah
b.    Saya menulis buku harian
c.    Paman menginap di rumah kami
d.    Kami ingin berlibur di rumah nenek

21.    Tahapan pemerolehan bahasa dapat diperoleh melalu tahap linguistic. Berikut merupakan tahapan linguistic yang tertinggi yaitu ...
a.    Tahap satu kata (holofrasis)
b.    Tahap menyerupai telepon (telephone speech)
c.    Tahap menyerupai tetegram (telegram speech)
d.    Tahap menyerupai suara atau ocehan (babling)
22.    Kata-katamu sunggu pedas di telingaku.
Kalimat tersebut merupakan perubahan makna kata ...
a.    Asosiasi
b.    Generalisasi
c.    Peyorasi
d.    Sinestesia

23.    Salah satu fungsi bahasa adalah sebagai penanda kepribadian. Yang dimaksud penanda kepribadian adalah ...
a.    Fungsi yang dapat menciptakan dunia imajinasi
b.    Fungsi yang dapat mengungkapkan perasaan dan jati diri
c.    Fungsi yang dapat memeperlihatkan perlakuan terhadap orang lain
d.    Fungsi yang mengacu pada keragaman suku bangsa Indonesia

24.    Tahap pemerolehan bahasa yang diperoleh melalui teriakan, rengekan, dengkuran yang mirip dengan bunyi huruf vokal atau konsonan. Tahap ini disebut tahap ...
a.    Tahap vocalisasi (cooing)
b.    Tahap satu kata (holofrasis)
c.    Tahap menyerupai telepon
d.    tahap menyerupai suara (babling)

25.    Kami belajar di teras rumah.
Kata yang memiliki pelafalan vocal yang sama dengan kata di atas adalah ...
a.    Sejak jatuhnya jembatan itu, kami jadi terlambat.
b.    Biarpun orang tuanya kaya raya, tetapi ia tidak sombong
c.    Setiap hari adik memberi makan kelinci
d.    Saya mendapat meja belajar di hari ulang tahunku yang ke 8

26.    Bu Emma memiliki kepedulian terhadap pengembangan potensi siswanya . Pada saat menemukan siswa yang prestasinya lebih rendah dari tingkat kecerdasannya (underachievers). Salah satu upaya terbaik yang perlu dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajarnya adalah...
a.    memberikan tugas berupa latihan soal dan rangkuman
b.    memberikan penjelasan manfaat materi yang dipelajari di awal pembelajaran\
c.    meningkatkan minat dan motivasi belajar serta melatih keterampilan belajar
d.    disarankan untuk berkonsultasi kepada konselor pendidikan

27.    Individu belum melakukan internalisasi nilai-nilai moral. Penalaran moralnya dikendalikan oleh faktor eksternal berupa hukuman dan hadiah.. Menurut teori perkembangan moral dari Kohlberg penalaran moral individu tersebut berada pada tingkat...
a.    Konvensional
b.    Prakonvensional
c.    Pascakonvensiona
d.    Praoperasional

28.    Haris menunjukkan gejala-gejala perilaku yang cepat marah, mudah tersinggung, dan agresif, serta tidak sabaran, sehingga kurang disukai oleh teman-temannya. Dalam hubungan sosial dengan teman-temannya Haris cenderung menjadi anak yang...
a.    Ditolak
b.    Diabaikan
c.    Kontroversi
d.    Dijauhi

29.    Giska termasuk anak yang cepat belajar. Prestasi belajarnya hampir pada semua bidang studi di atas KKM, namun Gina sering mendapat nilai di bawah KKM pada bidang studi menggambar, keterampilan, dan materi pelajaran menulis. Berdasarkan identifikasi faktor penyebab, kesulitan belajar Gina diduga disebabkan oleh...
a.    kemampuan motorik halusnya belum berkembang dengan baik
b.    tingkat kecerdasan di bawah rata-rata
c.    sikap negatif terhadap keterampilan dan menggambar
d.    kurangnya menyukai mata pelajaran bahasa
30.    Untuk membantu peserta didik mencapai target pembelajaran, pada umumnya guru mengajarkan materi pelajaran dari yang sederhana dahulu kemudian materi yang kompleks, memberikan soal dari yang mudah dahulu kemudian soal yang sulit.. Hal itu itu antara lain merupakan implikasi pendidikan dari prinsip
atau hukum perkembangan yaitu...
A. perkembangan berlangsung secara bertahap
B. perkembangan berlangsung sesuai iramanya
C. perkembangan dapat dipercepat melalui proses belajar
D. perkembangan awalnya diferensiasi akhirnya integrasi


KUNCI JAWABAN


1. A                    11. ...          21.
2. A                    12. ...          22.

3. A                    13.              23.
4. D                    14.              24.
5. A                    15.              25.
6. A                    16.              26.
7. B                    17.              27.
8. D                    18.              28.
9.D                     19.              29.
10. C                  20.              30.

Selengkapnya ada pada link di bawah ini.
Apabila ada yang belum terisi, silahkan belajar secara mandiri, siapa tahu benar semuanya. Amiin
Semoga postingan kali ini dapat membantu Bapak Ibu yang akan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) sebagai implementasi dari PKB.

0 Response to "Download Soal Latihan dan Kunci Jawaban Post Test UKG Modul KK A dan KK B Kelas Atas Guru Kelas SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel