UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI
Tujuan kurikulum ada 4 kompetensi, yakni :
1. Kompetensi Sikap Spiritual
2. Kompetensi Sikap Sosial
3. Kompetensi Pengetahuan
4. Kompetensi Keterampilan
Keempat kompetensi dia atas dapat dicapai melalui proses pembelajaran, yaitu intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Baca juga :
KI dan KD BAHASA SUNDA KURIKULUM 2013 JENJANG SD/MI
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KELAS I
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek
|
4.1
Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan
|
3.2
Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan
kumpulan benda konkret serta cara membacanya |
4.2
Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan
banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat |
3.3
Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda benda konkret
|
4.3
Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret
|
3.4
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan
pengurangan |
4.4
Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99
|
3.5 Mengenal pola bilangan yang
berkaitan dengan kumpulan benda /gambar/gerakan atau lainnya
|
4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda /gambar/gerakan atau lainnya
|
3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret
|
4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret
|
3.7 Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan
|
4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola
pengubinan |
3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda /situasi konkret
|
4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret
|
3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret
|
4.9 Mengurutkan benda /kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu
|
KELAS II
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar,
melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah |
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
3.1
Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya
berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya |
4.1
Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
|
3.2
Membandingkan dua bilangan cacah
|
4.2
Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
|
3.3
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan |
4.3
Menyelesaikan masalah
penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan |
3.4
Menjelaskan perkalian dan
pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian |
4.4
Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian
|
3.5 Menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang |
4.5 Mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang
|
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat,
dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari |
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan
dengan kehidupan sehari-hari |
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari hari
|
4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3 , dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan
sehari-hari |
3.8 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang
|
4.8 Mengidentifikasi ruas garis
dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang |
3.9 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri cirinya
|
4.9 Mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri cirinya
|
3.10 Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret
|
4.10 Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan gambar atau benda konkret
|
KELAS III
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah |
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia |
3.1
Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
|
4.1
Menyelesaikan masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
|
3.2
Menjelaskan bilangan cacah dan
pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan |
4.2
Menggunakan bilangan cacah dan
pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan |
3.3
Menyatakan suatu bilangan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi dua bilangan cacah
|
4.3
Menilai apakah suatu bilangan dapat dinyatakan sebagai jumlah, selisih, hasil kali, atau hasil bagi
dua bilangan cacah |
3.4
Menggeneralisasi ide pecahan sebagai bagian dari keseluruhan
menggunakan benda-benda konkret |
4.4
Menyajikan pecahan sebagai bagian dari keseluruhan menggunakan benda-benda konkret
|
3.5
Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
|
4.5
Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan
pecahan berpenyebut sama |
3.6
Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
|
4.6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan lama waktu suatu
kejadian berlangsung |
3.7
Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
4.7
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan
antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari |
3.8
Menjelaskan dan menentukan luas
dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret |
4.8
Menyelesaikan masalah luas dan
volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret |
3.9
Menjelaskan simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar
menggunakan benda konkret |
4.9
Mengidentifikasi simetri lipat dan
simetri putar pada bangun datar menggunakan benda konkret |
3.10
Menjelaskan dan menentukan keliling bangun datar
|
4.10
Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling bangun datar |
3.11
Menjelaskan sudut, jenis sudut (sudut siku-siku, sudut lancip, dan
sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku |
4.11
Mengidentifikasi jenis sudut, (sudut siku-siku, sudut lancip, dan
sudut tumpul), dan satuan pengukuran tidak baku |
3.12
Menganalisis berbagai bangun datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
|
4.12
Mengelompokkan berbagai bangun
datar berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki |
3.13
Menjelaskan data berkaitan dengan
diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar |
4.13
Menyajikan data berkaitan dengan
diri peserta didik yang disajikan dalam diagram gambar |
KELAS IV
KI DAN KD MATEMATIKA KELAS IV SD/MI |
KELAS V
KI DAN KD MATEMATIKA KELAS V SD/MI |
KELAS VI
KI DAN KD MATEMATIKA KELAS VI SD/MI |
Silhkan ambil filenya di bawah ini.
Kami rekomendasikan :
Itulah KI dan KD Matematika SD/MI Kurikulum 2013. Semoga dapat bermanfaat.
0 Response to "UNDUH KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI"
Post a Comment