Download Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Milikilah buku yang terbaru, baik untuk guru maupun untuk pegangan sisw / peserta didik. Karena pembelajaran Kurikulum 2013 sudah beberapa kali direvisi. Untuk Buku SD/MI Kelas V (5) juga sudah diadakan revisi, terakhir di tahun 2018.

Termasuk beberapa perubahan pada Kurikulum 2013 yaitu untuk Tahun perubahan revisi 2019. Marilah sedikit kita bahas terkait dengan perjalanan perubahan kurikulum 2013. Jadi, kurtilas atau kurikulum 2013 mengalami beberapa perubahan atau revisi dari tahun 2013 sampai tahun 2019.

Bererpa perubahan atau revisi kurikulum 2013.
  1. Kurikulum 2013 tetap diberlakukan di sekolah formal dan diberlakukan secara nasional.
  2. Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sudah ditiadakan disetiap mata pelajaran hanya Agama dan PPKn namun KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP.
  3. Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 KD, maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan nilai ketrampilan dalam 1 KD  ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
  4. Pendekatan Scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
  5. Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu KD, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.
  6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester untuk semester 1 dan penilaian akhir tahun untuk semester 2, dan sudah tidak ada lagi PTS/UTS, langsung ke penilaian akhir semester.
  7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
  8. Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
  9. Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil. 
  10. Sebelumnya KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sekarang menjadi KBM (Ketuntasan Belajar Minimal).
Termasuk Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 5 Kurikulum 2013 revisi terbaru 2018, yang dapat di download pada link di bawah ini.

Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018, https://gurujumi.blogspot.com
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Silahkan download file-filenya.
BUKU GURU KELAS V (5) SD/MI SEMESTER 1 REVISI 2018
BUKU SISWA KELAS V (5) SD/MI SEMESTER 1 REVISI 2018

BUKU GURU KELAS V (5) SD/MI SEMESTER 2 REVISI 2018
BUKU SISWA KELAS V (5) SD/MI SEMESTER 2 REVISI 2018
Kutipan Materi Kelas 5 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan
Gerak Ikan dalam Air
Ikan memiliki sistem gerak yang unik. Sistem gerak pada ikan berbeda dengan hewan vertebrata yang lain. Hal tersebut dikarenakan habitat ikan adalah di air.
Salah satu bentuk tubuh yang paling banyak dimiliki oleh hewan air adalah bentuk rudal. Bentuk tubuh ini memungkinkan ikan meliuk ke kiri adn ke kanan. Bentuk tubuh yang seperti ini juga berfungsi untuk mengurangi hambatan pada saat bergerak di dalam air. Ekor dan sirip ekor yang lebar berfungsi untuk mendorong gerakan ikan dalam air.
Tahukah kamu, ikan dapat berenang karena memanfaatkan bentuk tubuhnya yang unik? Ikan memiliki gelembung renang dalam tubuhnya yang berguna untuk mengatur gerak naik dan turun. Ikan memiliki susunan otot dan tulang belakang yang fleksibel untuk mendorong gerakan ekornya di dalam air. Sebagian besar ikan menggunakan gerak tubuh ke kanan dan ke kiri bersama dengan sirip ekornya untuk menghasilkan gaya dorong ke depan. Ikan yang bergerak dengan sirip samping dan sirip tengah cocok hidup di terumbu karang. Jenis ikan ini tidak dapat berenang secepat ikan yang menggunakan tubuh dan sirip ekornya.

Tersedia juga :
Materi Pelajaran K-13 SD/MI Kelas 1
Materi Pelajaran K-13 SD/MI Kelas 2

Materi Pelajaran K-13 SD/MI Kelas 3

Materi Pelajaran K-13 SD/MI Kelas 4

Ringkasan/Rangkuman Materi Pelajaran IPA dan Matematika K-13 SD/MI Kls 5
Demikianlah yang dapat admin rekomendasikan terkain dengan Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Khususnya untuk Kelas V (5) Semester 1 dan Semester 2 Revisi 2018. Semoga yang kami sajikan dan Bapak Ibu sekalian dapat membantu dalam melaksanakan pembelajaran setiap hari. dan kepada putera-puteri yang tercinta Buku Siswa ini menjadi pegangan dalam menempuh Ketuntasan Belajar Minimal (KBM). 
Terima kasih atas segala perhatiannya, Wabilahitaufiq Walhidayah Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatur.

0 Response to "Download Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Kelas 5 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel