Download Instrumen Hasil Capaian Program SPMI, Implementasi Kurikulum, PPK, dan Literasi

Apa yang dimaksud dengan SPMI? Yaitu sekolah model bagi pembangunan SPMI = Sistem Penjaminan Mutu Internal.
Ingat kita kebelakang yaitu tepatnya pada tahun 2016 bahwa seluruh LPMP atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan yang ada di tingkat Provinsi di seluruh wilayan Indonesia menggulirkan salah satu program untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Program ini dengan memilih beberapa sekolah baik tingkat SD, SLTP, dan SLTA diselutuh Indonesia untuk menjadi sekolah model bagi pembangunan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal (SPMPI).

SPMI merupakan kepanjangan dari Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal. Jadi tadinya SPMPI sekarang boleh disebut dengan istilah SPMI.

Sistem Penjaminan Mutu Internal yaitu sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan secara mandiri oleh pihak sekolah. Dengan demikian, berdasarkan hal tersebut di atas sekolah Model SPMI dapat diartikan sebagai sekolah yang menjadi contoh atau acuan dalam pelaksanaan sistem Penjaminan Mutu Internal.

Sekolah model ini dipilih dan dibina oleh LPMP untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lainnya disekitarnya, dalam penerapan penjamianan mutu secara mandiri, dalam pelaksanaannya menjalankan seluruh siklus secara sistematis, holistik dan berkelanjutan, sebagai budaya mutu tumbuh dan berkembang secara mandiri dan memiliki rasa tanggungjawab untuk mengimbaskan praktek yang baik dalam penerapan penjaminan mutupendidikan kepada lima sekolah yang ada di sekitarnya.

Inilah salah satu isian yang mungkin perlu bagi sekolah yang akan di bina.

INSTRUMEN HASIL CAPAIAN PROGRAM
SPMI, IMPLEMENTASI KURIKULUM, PPK, DAN LITERASI

Nama Sekolah : ................................................................. NPSN : ............................
Kab./Kota        : ...........................................................................................................

Petunjuk Pengisian :
  1. Isilah Identitas
  2. Bacalah dengan seksama setiap butir pernyataan dan deskriptornya
  3. Baca/periksa/perhatikanlah bukti fisik yang tersedia di sekolah
  4. Pilih salah satu opsi yang tepat dengan kondisi di sekolah Bapak/Ibu, dengan cara memberi tanda cakra (X).
Mari lihat tabel di bawah ini !


Selengkapnya silahkan lihat pada tayangan berikut ini.

Silahkan ambil saja filenya ada pada link di bawah ini.
Lihat yang lainnya :
Bimtek Fasilitator Daerah SPMI Tahun 2019 Ruang Lingkup : Evaluasi Program Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2018 Program Penj…
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasa…
Sebelum kepada pokok inti kami akan memaparkan tentang UKG kepada semua guru baik yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta. Artikel ini kami ambil dari berbagai sumber yang kami ketahui. Peserta Sosialisasi UKG Apakah semua guru harus mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru)? Semua Guru Wajib Ikut Uji Kompetensi GuruSemua guru baik PNS maupun Guru Non-PNS diseluruh..

Ini adalah merupakan program SPMI yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal. SPMI ini merupakan implementasi dari hasil PMP (Penjaminan Mutu Pendidikan) tahun 2016, 2017, 2018. Hasil dari PMP ada hasil Rapor Mutu 2018, yang nantinya akan menjadi sekolah model SPMI dapat diartiken sebagai sekolah yang menjadi contoh atau acuan dalam pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal. Jadi Sekolah yang sudah mencapai SPMI nantinya akan dijadikan sebagai sekolah acuan bagi sekolah-sekolah lainnya, dan sekolah lainnya akan menjadi sekolah imbas dari sekolah yang memenuhi SPMI.

0 Response to "Download Instrumen Hasil Capaian Program SPMI, Implementasi Kurikulum, PPK, dan Literasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel