Download Silabus K-13 Tahun Ajaran 2019/2020 Kelas 2 SD/MI Semester 1 dan 2 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 Revisi 2018
Silabus K13 SD/MI Kelas 2 Semester 1 & 2 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 Revisi 2018 |
SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Nama Sekolah : .......................
Kelas / Semester : 2 / 1
Tema : Hidup Rukun
Waktu : 112 jam pelajaran
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
1.1 Menerima hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap positif terhadap hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
3.1 Memperkirakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menceritakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
2.1 Bersikap positif terhadap hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
3.1 Memperkirakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menceritakan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
Bahasa Indonesia
3.1 Memaham ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
3.6 Memahami ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia
4.6 Menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
Matematika
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnyaberdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah
4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnyaberdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah
4.2 Mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
Seni Budaya dan Prakarya
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari
4.3 Meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
3.1 Memahami penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) nama orang, nama agama serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
Materi Pelajaran
- Hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
- Ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
- Budaya santun (permintaan maaf/tolong) sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia melalui ungkapan dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
- Makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
- Pertidaksamaan dua bilangan cacah
- Bilangan cacah yang bersesuaian dengan kumpulan obyek
- Penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
- Karya imajinatif dua dan tiga dimensi
- Pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
- Gerak keseharian dan alam dalam tari
- Pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
- Prosedur gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Subtema 1: Hidup Rukun di Rumah (28 jam pelajaran)
- Menyimak teks tentang hidup rukun yang dibacakan guru lalu menyebutkan ungkapan yang ada di dalamnya dengan toleransi dan tanggung jawab.
- Membaca teks percakapan terkait dengan hidup rukun dan memerankannya dengan teman dilandasi sikap toleransi dan percaya diri.
- Menuliskan kembali isi cerita yang sudah dibaca dilanjutkan dengan mengamati pengelompokan gambar buku yang menunjukkan nilai tempat bilangan serta menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah tiga angka secara teliti dan percaya diri.
- Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan terkait hidup rukun sesuai pola irama secara bersama-sama dengan percaya diri.
- Menyimak penjelasan guru terkait hubungan gambar (simbol sila-sila Pancasila) pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila rasa ingin tahu dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Mengamati gambar keluarga yang sedang beribadah, kemudian mendiskusikan gambar yang diamati sesuai sila–sila Pancasila dengan sikap toleransi.
- Menceritakan pengalaman dalam menerapkan nilai sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar berjalan dengan rasa ingin tahu.
- Mencari ungkapan di dalam syair lagu “Peramah dan Sopan” dan menjelaskan artinya dengan penuh tanggung jawab.
- Membaca bilangan tiga angka, menuliskan lambangnya, dan menentukan nilai tempatnya dengan teliti
- Membaca teks percakapan tentang sikap sopan yang dapat memelihara kerukunan bersama teman sebangku dengan penuh toleransi dan percaya diri.
- Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak dengan gerak tubuh sesuai irama penuh semangat.
- Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar berlari dilanjutkan dengan melakukan permainan tradisional penuh tanggung jawab
- Membaca teks terkait penerapan nilai-nilai sila Pancasila dan menceritakan kembali isinya dengan percaya diri.
- Mengamati bungkus makanan/ tiket/karcis lalu membaca angka yang tertera kemudian menuliskan sesuai dengan nilai tempat dengan kerjasama..
Subtema 2: Hidup Rukun di Tempat Bermain (28 jam pelajaran)
- Mengamati gambar dan mengurutkannya sehingga menjadi sebuah cerita runtut dengan kreatif.
- Melakukan gerakan kepala, tangan, dan kaki tanpa hitungan, dilanjutkan gerakan yang dilakukan dengan hitungan sesuai ajakan teman secara berpasangan dengan penuh semangat.
- Mengamati sekumpulan kubus yang ditata sesuai dengan nilai tempatnya, kemudian membandingkan kelompok kubus yang satu dengan yang lain berdasarkan nilai tempatnya dengan teliti.
- Membuat pertanyaan berdasarkan bacaan terkait hidup rukun yang telah disimaknya dengan rasa ingin tahu dan percaya diri
- Mengamati gambar dan meragakan gerak dasar lokomotor sesuai contoh yang diberikan guru. Kemudian melakukan permainan tradisional dengan jujur dan percaya diri.
- Mengamati gambar permainan tradisional dan menuliskan isinya dalam bentuk cerita sederhana dengan kreatif.
- Mengurutkan kalimat berisi contoh penerapan nilai-nilai sila Pancasila sesuai gambar sehingga menjadi cerita yang runtut dengan percaya diri.
- Mengamati gambar/video/film yang terkait dengan pengamalan sila-sila Pancasila di tempat bermain dan menceritakan kembali isinya dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Meragakan gerakan koordinasi antara tangan, kaki, dan kepala dengan mengambil contoh gerakan bermain layang-layang dengan semangat.
- Membaca percakapan yang memuat kalimat ajakan dengan cara melakukan gerak dasar lokomotor penuh semangat.
- Membandingkan bilangan tiga angka dengan teman secara berpasangan dengan tanggung jawab.
- Membandingkan dua bilangan cacah melalui diskusi kelompok dengan kerja sama dan percaya diri.
- Mengamati gambar tarian anak dilanjutkan dengan menirukan gerakan koordinasi kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan dengan tanggung jawab.
- Menyimak syair lagu “Gembira” yang dibacakan oleh guru dilanjutkan dengan menyanyi bersama-sama kemudian mengidentifikasi kalimat yang menggunakan kata ajakan dengan rasa ingin tahu.
- Menjelaskan arti pentingnya kerja sama untuk menjaga kerukunan dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
- Membuat teks percakapan dengan menggunakan kata ajakan yang berkaitan dengan cerita hidup rukun dan toleransi dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Berdiskusi mengenai kerukunan dan kekompakan yang harus dilaksanakan ketika bermain dengan teman secara santun dan percaya diri.
- Melakukan permainan berlari berpasangan dengan rintangan sebagai contoh penerapan nilai-nilai sila Pancasila secara sportif.
- Mengidentifikasi dan menceritakan perilaku yang merupakan penerapan nilai sila-sila Pancasila di tempat bermain dengan percaya diri.
- Mengurutkan bilangan tiga angka dari yang terkecil atau sebaliknya berdasarkan nilai tempatnya dengan teliti dan jujur.
Subtema 3: Hidup Rukun di Sekolah (28 jam pelajaran)
- Mengamati teks percakapan yang mengandung kalimat perintah sesuai nilai sila-sila Pancasila dengan rasa ingin tahu.
- Membuat kalimat perintah sesuai dengan gambar percakapan imajinatif dengan percaya diri.
- Menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan operasi hitung penjumlahan cara susun panjang dengan teliti dan percaya diri.
- Menceritakan kegiatan di sekolah yang menerapkan pengamalan nilai sila –sila Pancasila dengan percaya diri dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Menyelesaikan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan teliti dan percaya diri.
- Mewarnai gambar imajinatif kemudian membuat pertanyaan sesuai gambar dengan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Menuliskan dan menyebutkan bunyi sila –sila Pancasila dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang memuat penyelesaian operasi hitung pengurangan dengan teliti..
Subtema 4: Hidup Rukun di Masyarakat (28 jam pelajaran)
- Mengidentifikasi kalimat yang menunjukkan ajakan dan kalimat yang menolak ajakan dalam teks wacana dengan teliti dan percaya diri.
- Mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita dan menuliskan angka di samping gambar yang menunjukkan urutan cerita dengan percaya diri.
- Menuliskan bahan dan alat yang digunakan untuk membuat setiap jenis prakarya dengan tanggung jawab.
- Membuat hiasan menggunakan bahan baku dari biji-bijian dan diintegrasikan dengan penyelesaian operasi hitung penjumlahan dan pengurangan dengan teliti.
- Menceritakan kembali teks percakapan yang sudah dibaca dan mencantumkan bagian penolakan ajakan dengan santun.
- Menceritakan pengalaman kegiatan di masyarakat yang sesuai dengan penerapan nilai-nilai sila Pancasila secara tertulis dan lisan dengan jujur dan percaya diri.
- Menceritakan kegiatan gotong-royong yang dilakukan di lingkungan rumah dengan percaya diri.
- Menunjukkan dan menuliskan kalimat penolakan yang terdapat pada teks percakapan dengan toleransi dan percaya diri.
- Membuat karya kreasi dari biji-bijian dengan rasa syukur kepada Tuhan yang maha Esa.
- Mengamati gerakan-gerakan melompat dan meloncat, serta memeragakannya dengan penuh percaya diri.
- Menyimpulkan isi teks tentang olahraga dengan percaya diri dan tanggung jawab.
- Mencari dan menuliskan kalimat penolakan dan kalimat yang menunjukkan keadilan pada dongeng yang didengarnya dengan teliti.
- Menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.
NEXT :
Selamat pagi semuanya terutama kepada guru-guru Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas 2, yang sedang mencari perangkat pem…
DOWNLOAD BUKU GURU DAN SISWA KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 REVISI 2018 & 2017
Download Silabus, RPP, Prota, Promes, SD, KD, KKM SD/MI Kelas 2 Semester 1 dan 2.rar - Kami unggah khusus untuk Kelas 2 SD/MI terkait dengan Administrasi Kelas untuk Guru, dengan tujuan hanyalah membantu agar meringankan sedikit pekerjaan tentang administrasi yang setiap hari dikerjakan. Dengan adanya administrasi yang memadai Guru tidak akan kelabakan untuk menjalankan...Silabus yang diposting ini merupakan format microsoft wor, sehingga Bapak ibu dapat mengeditnya, diantaranya nama guru, nama kepala sekolah, nama sekolah. Sekian dan terima kasih atas kunungannya dan semoga bermanfaat.
0 Response to "Download Silabus K-13 Tahun Ajaran 2019/2020 Kelas 2 SD/MI Semester 1 dan 2 Tema 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 Revisi 2018"
Post a Comment