Materi Diklat Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Mapel IPA Paket 3 Energi dan Perubahannya SD

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019 melalui Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota selanjutnya melalui Kepala UPTD/UPT/Kooordinator Bidang Pendidikan Tingkat Kecamatan telah menerbitkan surat Undangan Peserta Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Tahun 2019 baik Guru-Guru tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD) maupun Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), bahwa dalam rangka peningkatan mutu dan profesionalisme pendidik. Setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota akan menyenggarakan kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Tahun 2019, mulai bulan Oktober sampai dengan Desember 2019 di seluruh Indonesia.

Persyaratan yang harus dibawa oleh setiap peserta Diklat PKP Berbasisi Zonasi sudah ditentukan, diantanranya yaitu :
  1. Surat Tugas dari Kepala Sekolah
  2. Laptop
  3. Modem, dan
  4. Flashdisk
Selain persyaratan seperti di atas biasanya para peserta Diklat untuk membawa atau menyediakan Buku Materi Diklat seperti yang kami bagikan sekarang ini, yaitu Buku Materi Bahan Diklat Paket Unit Pembelajaran Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi.
 
Mata Pelajaran dalam Buku ini yaitu :
  1. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Energi dan Perubahannya (SD) Sekolah Dasar, dan
  2. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk SMP (bukunya terpisah)
Berikut ini contoh soal-soal UN topik Hubungan Gaya dan Gerak pada Kompetensi Dasar 3.4. Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar, kelas IV (Permendikbud Nomor 37, 2018). Soal-soal ini disajikan agar dapat dijadikan sebagai sarana berlatih bagi peserta didik untuk menyelesaikannya. Selain itu, soal-soal ini juga dapat menjadi acuan ketika Saudara akan mengembangkan soal yang setara pada topik Hubungan Gaya dengan Gerak.
 
1. Contoh soal UN SD Tahun 2016/2017

Selengkaonya silahkan miliki segera oleh Bapak Ibu.
 
 
Materi Diklat Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Mapel IPA Paket 3 Energi dan Perubahannya SD ( LINK DOWNLOAD )
 
Baca juga di bawah ini.
Besar harapan kami, Unit-unit pembelajaran yang telah dikembangkan ini dapat menjadi acuan Saudara dalam mengembangkan desain pembelajaran dan penilaian yang berorientasi Higher Order Thinking Skills/HOTS yang terintegrasi dengan 5 (lima) unsur utama Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan literasi dalam rangka mencapai kecakapan Abad ke-21. Selanjutnya, saudara dapat menerapkan desain yang telah disusun dalam pembelajaran kepada peserta didik di kelas masing-masing.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, Saudara perlu memahami unit-unit ini dengan baik. Oleh karena itu, unit-unit perlu dipelajari dan dikaji lebih lanjut oleh Saudara bersama guru-guru IPA lainnya dalam Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) di KKG di wilayah masingmasing. Saudara bersama guru-guru lainnya perlu mengkaji dengan baik semua komponen unit pembelajaran yang disajikan sehingga dapat memudahkan Saudara mengimplementasikannya di kelas. Selain itu, saudara
dapat mengantisipasi kesulitan-kesulitan yang mungkin dihadapi.

Unit-unit pembelajaran dikembangkan agar memudahkan Saudara dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hal ini karena aktivitas pembelajaran yang disajikan merupakan acuan umum langkah pembelajaran untuk mencapai masing-masing KD. Saudara perlu memerinci aktivitas pembelajaran menjadi skenario di dalam RPP agar lebih mudah diimplementasikan. Selain itu, Saudara masih perlu mengembangkan soal-soal tes dan instumen penilaian lainnya yang berorientasi HOTS dengan mengacu pada contoh yang disajikan.

Dalam melaksanakan kegiatan praktikum sesuai LKPD, Saudara dapat memenuhi kebutuhan alat dan bahan yang digunakan dengan bahan-bahan yang terdapat dilingkungan masing-masing (kontekstual). Begitu pula dalam mengalokasikan waktu pembelajaran, saudara dapat menyesuaikannya. Selain itu, Saudara dapat mengadaptasi langkah pembelajaran yang disajikan di unit pembelajaran untuk mengembangkan RPP topik-topik lainnya.

Selama mengimplementasikan unit-unit ini, Saudara perlu terus merefleksikan dan mengevaluasi keefektifan, keberhasilan serta permasalahannya. Permasalahan-permasalahan yang ditemukan dapat
langsung didiskusikan dengan guru lainnya, instruktur, kepala sekolah, serta pengawas agar dapat dengan segera menemukan solusinya. Setiap keberhasilan, permasalahan , dan solusi yang ditemukan selama pembelajaran perlu Saudara tuliskan dalam bentuk karya tulis best practice atau lainnya.
Pada akhirnya, Saudara dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik, peserta didik mencapai hasil belajar yang optimal, sekaligus Saudara menghasilkan karya tulis yang berguna bagi pengembangan keprofesian.

Dalam rangka perbaikan dan pengembangan unit-unit lainnya, Kami mengaharapkan saran, masukan, dan usulan penyempurnaan yang dapat disampaikan kepada tim penulis melalui surat elektronik (e-mail).

Demikian yang dapat kami bagikan. Semoga Bapak Ibu dalam melaksanakan Diklat PKB melalui PKP berjalan dengan lancar tanpa adanya halangan dan rintangan, sehingga menghasilkan nilai yang baik sampai dengan nilai sangat baik atau memuaskan.

0 Response to "Materi Diklat Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Mapel IPA Paket 3 Energi dan Perubahannya SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel