Unduh Buku Pegangan Pembekalan Guru/Instruktur/Narasumber Program PKP Berbaisi Zonasi

Direktorat Jenderal Guru Tenaga dan Tenaga Kependidikan mengeluarkan / menerbitkan Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP). 
Buku Pegangan Pembekalan Guru/Instruktur/Narasumber Program PKP Berbaisi Zonasi, https://gurujumi.blogspot.com/
Buku Pegangan Pembekalan Guru/Instruktur/Narasumber Program PKP Berbaisi Zonasi

Target kompetensi yang ingin dicapai dari pembekalan ini adalah peserta dapat memfasilitasi kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).
Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).

Adapun Tujuannya adalah sebagai berikut :
Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan mampu:
  1. memahami materi pembekalan berupa konsep Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS), Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN), Pengembangan Pembelajaran, Penilaian dan Praktik Pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS), serta strategi fasilitasi kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran,
  2. melakukan transfer knowledge baik teori maupun praktik pembelajaran berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang terintegrasi 5 (lima) unsur Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Literasi,
  3. memfasilitasi kegiatan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran sesuai dengan skenario pembelajaran.
Indikator Pencapai Peserta PKP :
Indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan dicapai oleh peserta melalui kegiatan ini yaitu.
  1. Menjelaskan kebijakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi,
  2. Menjelaskan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), PPK, dan Gerakan Literasi Nasional,
  3. Menganalisis Unit Pembelajaran,
  4. Mengembangkan pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills),
  5. Mengembangkan Penilaian Berorientasi HOTS,
  6. Mengembangkan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
  7. Mempraktikkan Pembelajaran HOTS dalam bentuk Peer Teaching,
  8. Menganalisis strategi fasilitasi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran. 
Struktur Program Diklat PKP Berbasis Zonasi
Struktur Program dan Alokasi Waktu pada
Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional
Struktur Program Diklat PKP Berbasis Zonasi, https://gurujumi.blogspot.com/
Struktur Program Diklat PKP Berbasis Zonasi
Deskripsi Materi
1. Topik Umum
  • a. Kebijakan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Materi ini membahas tentang kebijakan pendidikan tentang pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi.
  • b. Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), PPK, dan Gerakan Literasi Nasional. Materi ini membahas tentang konsep Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS) , Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) khususnya pada 5 nilai utama karakter, yaitu religiositas, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas, serta Gerakan Literasi Nasional pada Literasi baca tulis, numerasi, Sains, digital, finansial, budaya dan kewarganegaraan. 
2. Topik Pokok
  • Pendalaman Materi Pembelajaran. Materi ini membahas tentang Materi Pembelajaran yang berisi kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi, bahan bacaan dan latihan/kasus/tugas sebagai sumber belajar dalam pembelajaran berorientasi HOTS.
  • Pengembangan Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Materi ini membahas tentang kegiatan pembelajaran yang melibatkan aktifitas peserta didik dengan menggunakan model-model pembelajaran untuk mencapai kecakapan abad 21.
  • Penilaian Berorientasi HOTS. Materi ini terdiri penialaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran berorientasi HOTS.
  • Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pada materi ini, peserta menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berorientasi HOTS dilengkapi dengan telaah video pembelajaran sebagai sumber dalam pembelajaran berorientasi HOTS.
  • Praktik Pembelajaran HOTS dalam bentuk Peer Teaching. Pada materi ini, peserta melakukan Peer Teaching Pembelajaran HOTS berdasarkan RPP yang telah disusun.
  • Strategi Fasilitasi. Materi ini membahas tentang strategi fasilitasi pada Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran. 
 3. Topik Penunjang
  • Rencana Tindak Lanjut. Materi ini membahas tentang penyusunan rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh peserta setelah mengikuti kegiatan pembekalan.
  • Tes Awal dan Tes Akhir. Pada kegiatan ini peserta melakukan tes awal untuk melihat kemampuan awal peserta sebelum mengikuti Pembekalan dan melakukan tes akhir untuk melihat kemampuan peserta setelah mengikuti Pembekalan.
Sebagai Pegangan Peserta Guru sebagai peserta, Nasasumber atau Instruktur, admin persilahkan Bapak Ibu Unduh Bukunya pada Link Unduh di bawah ini.
Baca juga yang lainnya berikut ini :
Pemerintah menggulirkan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) dan memanggil para peserta Diklat (Pendidikan dan Latih…
Apakah itu PPG ? PPG kependekan dari Pendidikan Profesi Guru yaitu pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mem…
Solusi Lupa Email/User dan Password SIM PKB GPO (Guru Pembelajar Online) Manusia tidak luput dari lupa/hilap dan kesalahan. Keadaan seperti lupa/hilap dan kesalahan memang bisa terjadi untuk semua mansusia, tidak pandang bulu, siapa saja pasti akan mengalami dengan lupa/hilap dan kesalahan. Hal  ini sangat sulit untuk dihindari, apalagi lansia (lanjut usia) risiko...
Riview file :
Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur Nasional/Guru Inti Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP).


Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan sehingga dapat melakukan pembelajaran yang menarik dan berinovasi sesuai kebutuhan materi yang diajarkan. Keberhasilan pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran ditentukan oleh kesungguhan semua pihak dalam melaksanakan program ini.

0 Response to "Unduh Buku Pegangan Pembekalan Guru/Instruktur/Narasumber Program PKP Berbaisi Zonasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel