Download Perangkat Isian Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019

Kuisioner Pemetaan Mutu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Diretorat Jenberal Pendidikan Dasar dan Menengah, PMP Dikdasmen Tahun 2019. Kami menyediakan Perangkat Instrumen PMP 2019 secara Offline. 
Implementasi pengisian PMP ini ada hubungannya dengan SPMI (Sistem Penjaminan Muru Internal) yang dapat dilihat pada tautan di bawah ini.
Download Instrumen Hasil Capaian Program SPMI, Implementasi Kurikulum, PPK, dan Literasi
Apa yang dimaksud dengan SPMI? Yaitu sekolah model bagi pembangunan SPMI = Sistem Penjaminan Mutu Internal. Ingat kita kebela…
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah dalam pasal 6 ayat (2) dinyatakan bahwa siklus  kegiatan memetakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan; membuat perencanaan peningkatan mutu yang dituangkan dalam Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan; dan memfasilitasi pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan pada Sistem  Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya. 

Pemerintah mengembangkan sistem informasi mutu pendidikan untuk mendukung proses pemetaan mutu  pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Pemetaan mutu pendidikan berdasarkan data dan informasi dalam sistem informasi mutu pendidikan dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan sekolah.

Instrumen pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah disusun mengacu delapan komponen standar nasional pendidikan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, instrumen akreditasi yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional dan peraturan terkait lainnya.Diharapkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk mempelajari dan memahami perangkat instrumen ini.

Perangkat Instrumen Penetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019, https://gurujumi.blogspot.com/
Perangkat Instrumen Penetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019

KUISIONER PEMETAAN
  • ➢Sekolah dapat membentuk tim yang  terdiri atas pihak-pihak relevan agar dapat mengawal proses pengumpulan data dan informasi pemetaan mutu berjalan optimal.
  • ➢Kepala sekolah dan tim yang terlibat dalam pengisian hendaknya mempelajari secara seksama setiap  butir pernyataan pada masing-masing komponen dengan membaca bagian panduan teknis pengisian kuesioner yang dijabarkan pada bagian setelahnya. 
  • ➢Kepala sekolah dan tim dapat berkonsultasi dengan pengawas sekolah atau petugas pemetaan mutu daerah atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk memperoleh informasi dan klarifikasi lebih lengkap terhadap setiap butir pertanyaan pada instrumen. 
  • ➢Seluruh butir pertanyaan harus  dijawab dan diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya dengan mengacu pada bukti fisik dan non-fisik yang ada di sekolah.
  • ➢Jawaban untuk setiap butir pertanyaan perlu diteliti kembali secara seksama sebelum dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  • ➢ Pemberian jawaban untuk pilihan bertanda O dilakukan dengan menyilang (X) salah satu tanda dan untuk pilihan benrtanda dilakukan dengan menyilang (X) satu atau lebih tanda.
KUESIONER PEMEETAAN MUTU SEKOLAH
PERTAMA
Bersisi kumpulan kuesioner untuk :
  • Kepala Sekolah
  • Guru Mata Pelajaran
  • Siswa Kelas 4 s.d. 6
  • Komite Sekolah/Orang Tua Siswa
Selengkapnya inilah pratinjaunya .


Admin sediakan Kuesioner PMP Tingkat SD  untuk Instrumen Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Komite Sekolah / Orang Tua siswa Tahun 2019. Silahkan unduh / download via link di bawah ini

Mohon maaf Bpk Ibu Kepala Sekolah, mohon diperhatikan  idealnya sebelum mengisi PMP online, sekolah mengisi dapodik 2020 dulu secara lengkap dan akurat kemudian singkron, baru mengisi PMP agar data lebih lengkap dan terupdate. Itulah kenapa kita menunggu Dapodik rilis terlebih dahulu. Untuk sekolah yang sudah sikron dapodik maka responden PMP sudah lengkap, dan sekolah baru bisa memulai mengisi PMP/EDS online. Proses singkron antara dapodik dengan PMP durasi waktunya maksimal 7 hari, setelah sinkron dapodik dan pmp baru raport bayangan muncul lengkap 8 standar.
Silahkan lihatlah :
Download Materi Lengkap Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019
Bahan Pembelajaran Latihan Kepemimpinan bagi Calon Kepala Sekolah / Madrasah, Lembaga Pengembagan Kepala Sekolah, Kementerian Pe…
Download Gratis Adminitrasi Kepala Sekolah SD Tahun Pelajaran 2019/2020
Payung hukum dalam penyelenggaraan pendidikan nasional yaitu adanya undang-undang pendidikan " Permendikbud Nomor 6 Tahun 2…
Inilah Pengertian, Fungsi, tujuan dan Capaian Nilai UKG (Uji Kompetensi Guru) Tahun 2015, 2017 dan 2019
Sebelum kepada pokok inti kami akan memaparkan tentang UKG kepada semua guru baik yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta. Artikel ini kami ambil dari berbagai sumber yang kami ketahui. Peserta Sosialisasi UKG Apakah semua guru harus mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru)? Semua Guru Wajib Ikut Uji Kompetensi GuruSemua guru baik PNS maupun Guru Non-PNS diseluruh.
Terimakasih, atas kerjasmanya, semoga dilancarkan semua proses pengumpulan datanya sampai raport mutu keluar.
Demikianlah Instrumen Pengisian PMP (Program  Mutu Pendidikan) oleh LPMP (Lembaga Penjamainan Mutu Pendidikan) untuk Setiap Provinsi yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

0 Response to "Download Perangkat Isian Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Sekolah Dasar Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel