Bahan Ajar RPP, Implementasi Kurikulum 2013 Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SD/SMP/ISMA/SMK

Implementasi K 13 Penyusunan RPP SD/SMP/SMA/SMK
Implementasi K 13 Penyusunan RPP SD/SMP/SMA/SMK
Puji dan syukur kita panjatkan ke khadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmat-Nya Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan pada Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat menyelesaikan bahan ajat TOT Pendampingan Kurikulum 2013.

Proses pendampingan memiliki peran yang sangat signifikan dalam mensukseskan implementasi kurikulum implementasi kurikulum 2013 di sekolah. Oleh karena itu perlu dipersiapkan bahan pelatihan pendampingan yang sesuai tuntutan Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Dalam rangka mengawal suksesnya implementasi kurikulum 2013, peran pendamping dalam melaksanakan tugasnya perlu mendapat pencerahan dan penguatan agar mereka dapat melaksanakan tugas tersebut sesuai dengan tujuan, tuntutan, kebutuhan dan karakteristik kurikulum 2013, serta dapat memecahkan permasalah yang dihadapi berkaitan dengan implementasi kurikulum 2013.

Semoga materi ini dapat digunakan oleh para pelatih, para kepala sekolah,  maupun para pengawas sekolah dalam melaksanakan pendampingan implementasi  kurikulum 2013.

Bagaimana dengan penyusunan rencana pembelajaran tematik?
Perencanaan pembelajaran tematik dapat dilakukan dengan prosedur tertentu. Untuk memahami prosediur penyusunannya dapat dilihat pada diagram di bawah ini.
Diagram penyusunan perencanaan pembelajaran tematik
Sebagai contoh terdapat beberapa tema antara lain seperti di bawah ini.

Selanjutnya melakukan pemetaan tema. Misalnya seperti format di bawah ini.
Dilanjutkan dengan penyusunan Matrik
Penyusunan RPP harus sesuai dengan sistematika dalam Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013, yaitu identitas khusus mata pelajaran diganti dengan tema.
Misalnya :
dan seterusnya.
Buatlah sebuah RPP dengan format seperti berikut ini.
Selengkapnya silahkan ada pada link di bawah ini.
GURU JUMI
Silahkan baca :
Silabus Kurikulum 2013 SMA Seni Budaya
Suatu hal yang tidak bisa ditawar, bahwa RPP wajib disusun oleh guru sebelum guru masuk kelas. Karena dengan adanya perencanaan guru telah menetapkan segala keperluan serta metode yang harus diterapkan ketika melaksanakan pembelajaran termasuk dapat mengelolah waktu secara efisien. Dengan demikian memungkinkan tujuan pembelajaran mudah dicapai. Oleh karena itu diperlukan model RPP yang memenuhi standar minimal.
Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka bahan belajar penyusunan RPP ini disusun mengacu pada Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013 khususnya pedoman umum pembelajaran.

0 Response to "Bahan Ajar RPP, Implementasi Kurikulum 2013 Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SD/SMP/ISMA/SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel