Download Format Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial (KI-1 dan KI-2) Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA / Yang Sederajat

Penilaian dalam Kurikulum 2013 ada 4 (empat) yaitu KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4. Masing-masing KI atau Kompetensi Ini memiliki arti, yaitu KI-1 atinya Penilaian Sikap Spirituan, KI-2 yaitu Penilian Sikap Sosial, KI-3 memiliki arti Penilian Pengetahuan, dan KI-4 yakni Penilian Keterampilan. Namun pada postingan pada kesempatan ini akan membahas penilaian sikap, penilaian sikap, penilaian sikap ini terbagi du yaitu Penilaian Sikap Spirituan (KI-1) dan Penilian Sikap Sosial (KI-2).

Sikap Spiritual yang memuat tentang peserta didik yang beriman dan bertaqwa, dan sikap sosial terkait dengan pembentukkan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, bertangggungjawab. Sikap Spiritual yang berhubungan peserta didik secara vertikal dengan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran peserta didik dalam upaya harmonisasi dalam kehidupan. Penilaian sikap ini dilakukan secara tidak langsung melalui berbagai kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran. Sikap yang akan dinilai yaitu terdapat pada Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti, KD, KI-1 dan KI-2. Sikap-sikap tersenut kelihatan dalam kegiatan pembelajaran yang dirancangg dari KD yang berasal dari KI-3 dan KI-4 yang berpasangan.
Baca juga :
Kompetensi Dasar yaitu kemampuan/pencapaian minimal tentang pengetahuan, keterampilan, sikap yang harus ditempuh/dicapai oleh si… 
Untuk memperoleh pemahaman yang sama dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar oleh pendidik perlu dijelaskan pengertian yang terkait dengan penilaian di SD sebagai berikut. Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta..
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar p…
 
Untuk tingkat Sekolah Dasar,penilaian sikap berbeda dengan penilaian pengetahuan, bahwa penilaian sikap tidak dapat dikutur begitu saja seperti halnya menilai pengetahuan dengan memberikan soal-soal. Sikap siswa ditunjukkan dengan perbuiatan dan ingatan. Tidak menyediakan soal-soal untuk mengukur sikap.

Guru-guru akan mencari, membuat, merancang format seperti apa untuk penilaian sikap. Ini permasalah yang sering ditemukan dilapangan, bahwa guru banyak yang belum mengetahui cara memberikan penilan sikap. Ini harus segera ditangani oleh paradigma pendidikan melalui pembinaan administrasi pembelajaran. 

Ingin mengetahui artikel lengkapnya terkait dengan OPTIMALISASI PENILAIAN SIKAP DALAM PENGEMBANGAN KI 1 DAN KI 2 KURIKULUM 2013. Silahkan ambil saja di sini.

Contoh sampul, jilid, cover, https://gurujumi.blogspot.com/
Contoh sampul, jilid, cover
 Format Penilaian KI-1 dan KI-2
Download filenya berikut ini.
Demikianlah semoha bermanfaat.

0 Response to "Download Format Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial (KI-1 dan KI-2) Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA / Yang Sederajat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel