Download Program Kerja Ekstrakurikuler Kepanduan Gerakan Pramukan SD/MI Tahun Ajaran 2019/2020

Salam Pramuka,,,,
Pendidikan Kepramukaan merupakan Kegiatan Ektrakurikuler yang wajib diikuti oleh tingkat satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, dan Peraturan Mendikbud RI Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Bahkan Gerakan Pramuka masuk kepada kegiatan ekstra yang wajib dlaksnakan dengan minimal 2 jam pelajaran perminggu.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2014 menjelaskan bahwa pendidikan kepramukaan merupakan proses pembentukkan kepribadian, kecakapan hidup, akhlak mulia, ini terjadi melalui kegiatan kepramukaan dapat meningkatkan nilai-nilai kecakapan dan nilai-nilai penghayatan kepramukaan. 

Pendidikan Ekstrakurikuler Gerakan Pramuka sudah dapat dilaksanakan sesuai dengan pasal 3  ayat 1 pendidikan kepramukaan dilaksankan dalam bentuk 3 (tiga) model yakni modek blok, model aktualisasi dan model reguler.

ayat 2 Model Blok yaitu sebagaimana yang tercantum dalam ayat 1 merupakan kegiatan wajib dilaksanakan perkemahan dalam waktu satu tahun sekali dan diberikan penilaian.
ayat 3 Model Aktualisai sebagaimana yang terdapat dalam ayat 1 merupakan kegiatan wajib yang perlu dilaksanakan dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari dalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan kepramukaan secara rutin dan terjadwal serta diberi penilaian secara formal.
ayat 4 Model Reguler, sebagaimana dimaksud pasa ayat 1 merupakan kegiatan sukarela berbasis minat peseeta didik yang dilaksanakan digugus depan (gudep).

Sekaran sudah jelas bahwa seluruh peserta didik wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di satuan pendidikan baik SD, SMP, SMA atau yang sederajat.

Untuk melaksanakan UU tersebut dan menjawab kepada seluruh stakeholder maka pihak sekolah harus dapat menjalankan kegiatan eksrtakurikuler wajib gerakan pramuka. Yaitu tiap sekolah harus membuat program Kerja Ekstrakurikuler Pramuka untuk setiao Gudepnya. 

Inilah contoh Program Kerja Keoanduan Keparmuakaan untuk tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di bawah ini.
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER
GERAKAN PRAMUKA
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Program Keja Eskur Pramuka SD/MI, https://gurujumi.blogspot.com/
Program Keja Eskur Pramuka SD/MI
JADWAL KEGIATAN EKSTRAKURIKULETR PRAMUKA
Jadwal Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka 2019/2020, https://gurujumi.blogspot.com/
Jadwal Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka 2019/2020
Baca juga :
Unduh Contoh Program Kerja Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka.docx - Salam Pramuka ...!! Rasanya sebagai jiwa pramuka tak kan m…

Slam pramuka ya....

0 Response to "Download Program Kerja Ekstrakurikuler Kepanduan Gerakan Pramukan SD/MI Tahun Ajaran 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel