Program Kerja dan Jadwal Ekstrakurikuler Kesenian Daerah Karawitan Untuk SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020

Istilah karawitan dalam bahasa Sunda di daerah Jawa Barat yaitu sekar adalah pada dasarnya mempergunakan suara manusia.Tetapi pada penampilannya akan berderda dengan berbicara biasa karena ini mengandung seni. Sekar mempunyai pengolahan suara yang khusus yang menimbulkan rasa seni yang sangat erat hubungannya dengan alat indera telinga yaitu pendengaran. Alat indera pengdengaran sangat erat hubungannya dengan nada, bunyi, alat-alat kesenian pendukung lainnya yang saling dan selalu akrab serta berdampingan.

Dalam program dan Jadwal Ekstrakurikuler Kesenian Daerah ini Khususnya Karawitan Sunda untuk SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 yaitu memuat Pengenalan, yakni memperkenalkan lebih jaut tentang alat-alat karawitan misalnya gong, kempul, saron, bonang, jenglang, kendang dan kulanter.
Memperkenalkan tentanng seno-seni daerah karawitan di pada waktu orientasi peserta didik Kelas VII. Untuk kegiatan pendidikan dan latihan yaitu membekali pendidikan, pengetahuan, dan keterampilan siswa dalam pagelaran seni daerah karawitan.

Materi Pengetahuan :
  1. Mengenalkan alat
  2. Menganalkan fungsi dan alat
Materi Keterampilan :
  1. Cara menabuh masing-masing alat
  2. Menyelaraskan waditra satu lagu dalam nada
  3. Cara menabuh waditra, catrik dan lalayaran
Pentas Seni :
Pertunjukkan hiburan memperlihatkan kaparigelan peserta didik misalnya dalam acara kenaikan tingkat atau kelas, dalam pelepasan siswa kelas IX.

Mari lihat Programnya di bawah ini.
Program Ekstrakurikuler Kesenian Karawitas Sunda SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020, https://gurujumi.blogspot.com/
Program Ekstrakurikuler Kesenian Karawitas Sunda SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020
Inilah jadwalnya
Jadwal Ekstrakurikuler Kesenian Karawitas Sunda SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020, https://gurujumi.blogspot.com/
Jadwal Ekstrakurikuler Kesenian Karawitas Sunda SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020
Download 
Sumber : SMP Kadungora, (silahkan edit sesuaikan dengan keadaan sekolah Bapak dan Ibu.)
Silahkan tonton contoh Pertuntukan Karawitan Anak di bawah ini.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=H82wO0NkXpA
Lihat juga :
Program dan Jadwal Pramuka SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020
Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa Pendidikan adalah merupakan usaha sadar dan te…
Download Program Tahunan, Program Semester, KKM, RPP & Silabus Kelas VI (6) SD/MI dan PTK & Contoh KTI (Karya Tulis Ilmiah) - Bagi yang sedang Mencari Perangkat Pembelajaran Pembelajaran, sebagaimana yang kami tulis isinya sesuai judul di atas. Untuk itu dengan tanpa basa basi kami langsung bagikan filenya di bawah ini. Program Tahunan, Program Semester, KKM,...

Demikanlah yang dapat kami sampaikan terakait dengan contoh program ekstrakurikuler dan jadwal kesenian karawitan sunda. Semoga kesenian daerah kita semakin lebih untuk di cintai di lestarian oleh orang asli atau pribumi sendiri.

0 Response to "Program Kerja dan Jadwal Ekstrakurikuler Kesenian Daerah Karawitan Untuk SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel