Contoh Program PAS (Penilian Akhir Semester) Ganjil SMP-MTs Tahun Pelajaran 2019/2020
Selamat pagi semuanya, selamat mulai beraktivitas rutin bagi para pendidik. Semoga semuanya dalam keadaan sehat selalu, baik sehat lahir mapun sehat bathin, dan diberikan rizki yang cukup dalam arti rizki yang barokah dari Tuuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan ini admin mencoba untuk menulis sebuah program sekolah tentang Penilaian Akhir Semester Ganjil untuk SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020, karena sebentar lagi kita akan melaksanakan PAS 1 Tahun Pelajaran 2019-2020, yaitu tepatnya pada bulan Desember 2019.
Terkaut dengan hal tersebut, pihak sekolah mulai dari sekarang harus sudah mempersiapkan diri merancan/merencanalan atau membuat program kerja sesuai dengan keadaan sekolah masing-masing. Karena dengan mempersiapkan sejak sekarang alangkah baiknya dari pada menunggu waktu yang terus berjalan. Admin hanya mengingatkan bahwa pekerjaan Kepala Sekolah/Madrasah, Guru, TU dan PTK lainnya cukup banyak/padat maka silahkan mulailah dari saat ini, agar nantinya berjalan dengan lancar.
Bagi Bapak Ibu Kepala Sekolah, Guru, TU dan yang lainnya, admin telah menyediakan sebuah contoh Program Kerja Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil untuk SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dapat di unduh / di download pada tautan di bawah ini.
Contoh Program PAS (Penilian Akhir Semester) Ganjil SMP-MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 >>> LINK UNDUH / LINK DOWNLOAD
Lihat artikel lainnya :
Silahkan lihat, simak Contoh Program PAS 1 SMP/MTs Tahun Ajaran 2019/2020 berikut ini.
Dalam
kenyataannya penilaian memiliki beberapa jenis yaitu penilaian Formatif,
Sumatif dan Diagnostik. Adapun kegiatan yang hendak dilakukan adalah
penilaian Sumatif yakni penilaian yang dilakukan terhadap hasil belajar siswa
setelah mengikuti proses pembelajaran selama satu semester atau dalam hal ini ulangan yang akan
dilakukan karena berada pada semester ganjil maka sering di namakan Penilaian
Akhir Semester Ganjil.
2. Jadwal Pelajaran
Jadwal Pelajaran yang diulangankan mengacu kepada Kalender Pendidikan Kementerian Agama Tahun Pelajaran 2019/2020.
3. Pengawasan
Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 diadakan di ruang 01 sampai dengan 19. Sesuai dengan kebiasaan yang mengacu kepada jumlah pengawas ruang dan disesuaikan dengan anggaran yang ada, maka setiap ruang ditetapkan satu orang pengawas ruang. Dengan demikian setiap hari diperlukan 19 orang pengawas ruang ditambah beberapa orang cadangan yang diambil dari panitia bila terjadi hal-hal dimana pengawas ruang yang telah ditetapkan berhalangan hadir.
Daftar guru yang diberi tugas Mengawas Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020:
F. Sistematika
Program kerja penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 ini disusun berdasarkan petunjuk untuk SMP dari Kemendikbud dan MTs dari Kanwil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
................, Desember 2019
Kepala Sekolah / Madrasah
.....................................
NIP.
Sekian dan tetima kasih telah menggunakan website www.gurujumi.blogspot.com sebagai sarana untuk pendidikan dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
Sampai berjumpa kembali dilain waktu dan tunggu artikel menarik lainnya.
Terkaut dengan hal tersebut, pihak sekolah mulai dari sekarang harus sudah mempersiapkan diri merancan/merencanalan atau membuat program kerja sesuai dengan keadaan sekolah masing-masing. Karena dengan mempersiapkan sejak sekarang alangkah baiknya dari pada menunggu waktu yang terus berjalan. Admin hanya mengingatkan bahwa pekerjaan Kepala Sekolah/Madrasah, Guru, TU dan PTK lainnya cukup banyak/padat maka silahkan mulailah dari saat ini, agar nantinya berjalan dengan lancar.
Bagi Bapak Ibu Kepala Sekolah, Guru, TU dan yang lainnya, admin telah menyediakan sebuah contoh Program Kerja Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil untuk SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dapat di unduh / di download pada tautan di bawah ini.
Contoh Program PAS (Penilian Akhir Semester) Ganjil SMP-MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 >>> LINK UNDUH / LINK DOWNLOAD
Lihat artikel lainnya :
Silahkan lihat, simak Contoh Program PAS 1 SMP/MTs Tahun Ajaran 2019/2020 berikut ini.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam pembukaan
Undang-Undang Dasar 1945 tercantum salah satu Tujuan Nasional
yaitu mencerdaskan bangsa. Sehubungan dengan usaha untuk mencapai tujuan
tersebut, maka pemerintah mempunyai program untuk meningkatkan mutu pendidikan
dan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan dan dapat mandiri
serta berkualitas.
Kebijakan ini diambil sebagai strategi dasar nasional pendidikan dalam
upaya mensejajarkan diri dengan negara maju dalam bidang pengetahuan dan
teknologi.
Usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan ini tampak
dari pembaharuan dan penyempurnaan yang telah beberapa kali dilaksanakan.
Disamping usaha tersebut, pemerintah juga mengadakan usaha standarisasi tingkat
pengetahuan dan kemampauan siswa untuk setiap jenjang dan jenis sekolah di
Indonesia.
Sementara itu untuk
menentukan keberhasilan dari suatu proses pendidikan yang dilakukan, perlu diselenggarakan
proses evalPASi. EvalPASi merupakan cara atau teknik penilaian terhadap peserta
didik berdasarkan pada perhitungan yang telah ditetapkan yakni untuk mengetahui
apakah suatu program telah berhasil dan efisien atau tidak.
Adapun tujuan dari evalPASi diantaranya adalah:
- Untuk mengetahui atau mengumpulkan informasi tentang tarap perkembangan dan kemajuan yang diperoleh siswa dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan.
- Mengetaui prestasi hasil belajar guna menetapkan keputusan apakah bahan pelajaran perlu diulang atau dapat dilanjutkan
- Mengetahui sejauhmana kurikulum telah dipenuhi dalam proses kegiatan belajar mengajar .
Dengan
mengacu pada tujuan tersebut, evalPASi berfungsi sebagai umpan balik (feed back) terhadap kegiatan proses
pendidikan. Umpan balik ini berguna untuk Ishlah
yaitu perbaikan terhadap suatu komponen pendidikan, Tajqiyah yaitu penyucian terhadap semua komponen-komponen
pendidikan artinya melihat kembali program-program yang telah dilakukan yakni
apakah program tersebut penting atau tidak dalam kurikulum.
Sehubungan
dengan akan diselenggarakan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020,
maka perlu disusun Program kerja secara sistematis yang mencakup semua kegiatan
yang berhubungan dengan kegiatan ini. Dengan berpegang pada program kerja ini
diharapkan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
dapat berjalan secara efektif dan mencapai sasaran.
B. Dasar / Landasan Hukum
- Undang-undang Dasar Negara Repunlik Indonesia Tahun 1945
- Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan Atas PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2013 tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan.
- Permendiknas nomor 22 tahun 2006 Tentang standar komptensi lulusan.
- Permendiknas nomor 23 tahun 2006 Tentang Pedoman penilaian.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2007 tentang standar Penilaian pendidikan.
- Berdasarkan kalender pendidikan Kementrian Agama Tahun Pelajaran 2019/2020 mengenai pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil rapat dinas Kepala Madrasah beserta guru dan staff yang dilaksanakan pada Juli 2018 mengenai Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
- Surat Keputusan Kepala MTs Nurul Falah Sukasari Kota Cimahi tentang penetapan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
Sehubungan akan dilaksanakannya Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, maka perlu disusun program kerja secara
sistematis yang mencakup semua kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan ini.
Dengan berpegang pada program kerja ini diharapkan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
dapat berjalan secara efektif dan mencapai
sasaran yang diharapkan.
D. Maksud, Tujuan dan sasaran diadakannya Program Kerja
1. Maksud Tujuan
Penyusunan program kerja ini dimaksudkan sebagai pedoman
sebelumnya selama dan sesudah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dan secara terperinci program kerja ini berfungsi sebagai:
1. Petunjuk
persiapan pelaksanaan Penilaian
Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 yang mencakup jumlah peserta, kebutuhan ruang, jadwal kegiatan dan
segala sesuata yang berhubungan dengan persiapan.
2. Petunjuk
pelaksanaan Penilaian Akhir
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Petunjuk untuk Ulangan
Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 memperoleh instrumen yamg memadai seperti tingkat kesukaran,
jenjang, dll.
3.
Petunjuk
agar pelaksanaan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
4.
Petunjuk
penilaian hasil belajar sehingga ditentukan nilai akhir yang diperoleh siswa.
2. Sasaran
a.
Penilaian
Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat berjalan lancar dan tertib.
b.
Setiap
Anggota panitia dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, sungguh-sungguh dan tepat waktu
c.
Terjalin
kebersamaan dan gotong-royong
E. Ruang Lingkup
Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 mengacu kepada kurikulum 2013 Revisi Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Sesuai dengan tujuan pemerintah untuk mencapai standarisasi dalam bidang pendidikan, maka ulangan ini dilaksanakan secara individu di SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Prov, Kab./Kota ….. dan bagi MTs di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Barat.
Berdasarkan hal tersebut, SMP/MTs berpedoman kepada Rapat Dinas Guru, pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dilaksanakan mulai tanggal 03 Desember s.d. 08 Desember 2018
Agar dapat memberikan gambaran yang jelas kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, dalam program kerja ini akan disinggung masalah yang berhubungan dengan jumlah peserta, pembagian ruang, jadwal pelajaran yang di ulangankan, jadwal mengawas oleh pengawas ruang, dan pemeriksaaan lembar jawaban peserta ulangan oleh guru mata pelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, SMP/MTs berpedoman kepada Rapat Dinas Guru, pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dilaksanakan mulai tanggal 03 Desember s.d. 08 Desember 2018
Agar dapat memberikan gambaran yang jelas kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, dalam program kerja ini akan disinggung masalah yang berhubungan dengan jumlah peserta, pembagian ruang, jadwal pelajaran yang di ulangankan, jadwal mengawas oleh pengawas ruang, dan pemeriksaaan lembar jawaban peserta ulangan oleh guru mata pelajaran.
1. Jumlah Peserta
Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 diikuti oleh siswa kelas VII, VIII dan IX yang dinyatakan berhak mengikuti Ulangan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut:
2. Junmlah Ruang
Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 seluruhnya menggunakan 16 ruangan, yaitu ruangan 01 sampai dengan ruangan 16 dengan perincian sebagai berikut :
Jadwal Pelajaran yang diulangankan mengacu kepada Kalender Pendidikan Kementerian Agama Tahun Pelajaran 2019/2020.
3. Pengawasan
Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 diadakan di ruang 01 sampai dengan 19. Sesuai dengan kebiasaan yang mengacu kepada jumlah pengawas ruang dan disesuaikan dengan anggaran yang ada, maka setiap ruang ditetapkan satu orang pengawas ruang. Dengan demikian setiap hari diperlukan 19 orang pengawas ruang ditambah beberapa orang cadangan yang diambil dari panitia bila terjadi hal-hal dimana pengawas ruang yang telah ditetapkan berhalangan hadir.
Daftar guru yang diberi tugas Mengawas Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020:
F. Sistematika
Program kerja penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 ini disusun berdasarkan petunjuk untuk SMP dari Kemendikbud dan MTs dari Kanwil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat yang meliputi hal-hal sebagai berikut:
BAB I :
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
B.
Dasar
Hukum
C.
Program
Kerja
D.
Maksud
Tujuan dan Sasaran
E.
Ruang
lingkup
F.
Sistematika
BAB
II :
PENGORGANISASIAN
A.
Sususnan
Organisasi
B.
Susunan
Panitia
C.
Rincian
Tugas
BAB
III : JADWAL KEGIATAN
BAB
IV : RENCANA ANGGARAN
A.
Sumber
Biaya
B.
Rencana
Pengeluaran
BAB
V : PENUTUP
Lampiran-lampiran
BAB II
PENGORGANISASIAN
Dalam melaksanakan Penyelenggaraan Penilaian
Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, perlu disusunnya organisasi
kepanitiaan dan rincian tugas dari setiap panitia yang menyelenggarakan Penilaian
Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun susunan organisasi kepanitian Penilaian
Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah sebagai berikut:
A. Susunan Organisasi
B. Susunan Panitia
Penanggung Jawab : Kepala Madrasah ( ..........)
Wakil Penanggung Jawab : PKM Bid. Kurikulum ( .......... )
K e t u a :
..........
Sekretaris :
..........
Bendahara :
L. ........... dan ..........
Anggota : 1. ..........
2. ..........
3. ..........
C. Rincian Tugas
1.
Penanggung
Jawab
a.
Sebagai
penanggung jawab segala kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dari awal hingga akhir kegiatan, baik
keluar maupun ke dalam.
b.
Mengarahkan,
mengkoordinasikan, mengawasi serta mengevaluasi seluruh kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2019/2020.
c.
Menentukan
kebijakan umum sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh instansi
terkait.
2.
Ketua
a.
Bertanggung
jawab atas kelancaran, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Penilaian Akhir
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
b.
Menetapkan
dan memberikan surat keputusan untuk Panitia Penyelenggaraan Penilaian Akhir
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dan mengatur secara garis besar
mekanisme kerja para petugas dan panitia penyelenggara.
c.
Mengkoordinasikan
dan mengatur segala kegiataan atau pembagian tugas yang berhubungan dengan Penilaian
Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
3.
Sekretaris
a.
Menyiapkan
dan membuat administrasi.
b.
Menyiapkan
dan membuat format-format kegiatan.
c.
Mencatat
peserta yang tidak hadir setiap pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2019/2020
d.
Membuat
pengamanan dan penyimpanan berkas.
e.
Menyusun
laporan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
4.
Bendahara
a.
Merencanakan
dan membuat program.
dst .....
BAB III
JADWAL KEGIATAN
BAB IV
RENCANA ANGGARAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMP/MTS ..............................
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Contoh :
A. TOTAL PEMASUKAN
B. RENCANA PENGELUARAN
KETERANGAN
DAFTAR PENERIMAAN HONOR KERJA PANITIA
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMP/MTs ..........
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
TENAGA PENDIDIK YANG MEMBANTU DALAM PELAKSANAAN
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
BAN V
PENUTUP
Program Kerja Sekolah dalam rangka pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 di susun secara terperinci, sebelum memulai suatu kegiatan atau pelaksanaan di maksud, ini akan membantu untuk menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan. Maka kesimpilan yang diambil dalam penyusunan Program Kerja Pelaksanaan PAS Ganjol SMP/MTs Tahun 2019 ini adalah :
- Panitia Penyelenggara akan mengetahui dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan kewenangan.
- Akan selalu mengadakan koordinasi atar panitia.
- Penggunaan anggaran akan sesuai dengan anggaran yang tersedia.
- Bila ada hal-hal yang dibalik perencanaan yang tidak sesuai dengan rencana, segera melaporkan kepada panitia/Kepala Sekolah, sehingga segera dapat ditangani dan tidak akan cepat informasi tersebut menyebar ke luar.
................, Desember 2019
Kepala Sekolah / Madrasah
.....................................
NIP.
Sekian dan tetima kasih telah menggunakan website www.gurujumi.blogspot.com sebagai sarana untuk pendidikan dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
Sampai berjumpa kembali dilain waktu dan tunggu artikel menarik lainnya.
0 Response to "Contoh Program PAS (Penilian Akhir Semester) Ganjil SMP-MTs Tahun Pelajaran 2019/2020"
Post a Comment