Contoh Program PAS (Penilian Akhir Semester) Ganjil SMP-MTs Tahun Pelajaran 2019/2020

Selamat pagi semuanya, selamat mulai beraktivitas rutin bagi para pendidik. Semoga semuanya dalam keadaan sehat selalu, baik sehat lahir mapun sehat bathin, dan diberikan rizki yang cukup dalam arti rizki yang barokah dari Tuuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan ini admin mencoba untuk menulis sebuah program sekolah tentang Penilaian Akhir Semester Ganjil untuk SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020, karena sebentar lagi kita akan melaksanakan PAS 1 Tahun Pelajaran 2019-2020, yaitu tepatnya pada bulan Desember 2019.

Terkaut dengan hal tersebut, pihak sekolah mulai dari sekarang harus sudah mempersiapkan diri merancan/merencanalan atau membuat program kerja sesuai dengan keadaan sekolah masing-masing. Karena dengan mempersiapkan sejak sekarang alangkah baiknya dari pada menunggu waktu yang terus berjalan. Admin hanya mengingatkan bahwa pekerjaan Kepala Sekolah/Madrasah, Guru, TU dan PTK lainnya cukup banyak/padat maka silahkan mulailah dari saat ini, agar nantinya berjalan dengan lancar.

Bagi Bapak Ibu Kepala Sekolah, Guru, TU dan yang lainnya, admin telah menyediakan sebuah contoh Program Kerja Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil untuk SMP/MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dapat di unduh / di download pada tautan di bawah ini.

Contoh Program PAS (Penilian Akhir Semester) Ganjil SMP-MTs Tahun Pelajaran 2019/2020 >>> LINK UNDUH / LINK DOWNLOAD

Lihat artikel lainnya :
Silahkan lihat, simak Contoh Program PAS 1 SMP/MTs Tahun Ajaran 2019/2020 berikut ini.

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang

Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tercantum salah satu Tujuan Nasional yaitu mencerdaskan bangsa. Sehubungan dengan usaha untuk mencapai tujuan tersebut, maka pemerintah mempunyai program untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan dan dapat mandiri serta berkualitas. Kebijakan ini diambil sebagai strategi dasar nasional pendidikan dalam upaya mensejajarkan diri dengan negara maju dalam bidang pengetahuan dan teknologi.
            Usaha pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan ini tampak dari pembaharuan dan penyempurnaan yang telah beberapa kali dilaksanakan. Disamping usaha tersebut, pemerintah juga mengadakan usaha standarisasi tingkat pengetahuan dan kemampauan siswa untuk setiap jenjang dan jenis sekolah di Indonesia.
            Sementara itu untuk menentukan keberhasilan dari suatu proses pendidikan yang dilakukan, perlu diselenggarakan proses evalPASi. EvalPASi merupakan cara atau teknik penilaian terhadap peserta didik berdasarkan pada perhitungan yang telah ditetapkan yakni untuk mengetahui apakah suatu program telah berhasil dan efisien atau tidak.
Adapun tujuan dari evalPASi diantaranya adalah:

  1. Untuk mengetahui atau mengumpulkan informasi tentang tarap perkembangan dan kemajuan yang diperoleh siswa dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum pendidikan.   
  2. Mengetaui prestasi hasil belajar guna menetapkan keputusan apakah bahan pelajaran perlu diulang atau dapat dilanjutkan
  3. Mengetahui sejauhmana kurikulum telah dipenuhi dalam proses kegiatan belajar mengajar .
            Dengan mengacu pada tujuan tersebut, evalPASi berfungsi sebagai umpan balik (feed back) terhadap kegiatan proses pendidikan. Umpan balik ini berguna untuk Ishlah yaitu perbaikan terhadap suatu komponen pendidikan, Tajqiyah yaitu penyucian terhadap semua komponen-komponen pendidikan artinya melihat kembali program-program yang telah dilakukan yakni apakah program tersebut penting atau tidak dalam kurikulum.

            Dalam kenyataannya penilaian memiliki beberapa jenis yaitu penilaian Formatif, Sumatif  dan Diagnostik. Adapun  kegiatan yang hendak dilakukan adalah penilaian Sumatif yakni penilaian yang dilakukan terhadap hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran selama satu semester atau dalam hal ini ulangan yang akan dilakukan karena berada pada semester ganjil maka sering di namakan Penilaian Akhir Semester Ganjil.

            Sehubungan dengan akan diselenggarakan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, maka perlu disusun Program kerja secara sistematis yang mencakup semua kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan ini. Dengan berpegang pada program kerja ini diharapkan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat berjalan secara efektif dan mencapai sasaran.

B. Dasar / Landasan Hukum
  • Undang-undang Dasar Negara Repunlik Indonesia Tahun 1945
  • Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia
  • Peraturan Pemerintah Nomor  32 tahun 2013 tentang Perubahan Atas PP No. 19  tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  • Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2013 tentang  Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  • Permendiknas nomor 22 tahun 2006 Tentang standar komptensi lulusan.
  • Permendiknas nomor 23 tahun 2006 Tentang Pedoman penilaian.
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2007 tentang standar Penilaian pendidikan.
  • Berdasarkan kalender pendidikan Kementrian Agama Tahun Pelajaran 2019/2020 mengenai pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil rapat dinas Kepala Madrasah beserta guru dan staff yang dilaksanakan pada Juli 2018 mengenai Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. 
  • Surat Keputusan Kepala MTs Nurul Falah Sukasari Kota Cimahi tentang penetapan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
C. Program Kerja

Sehubungan akan dilaksanakannya Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, maka perlu disusun program kerja secara sistematis yang mencakup semua kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan ini. Dengan berpegang pada program kerja ini diharapkan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat berjalan secara efektif dan mencapai sasaran yang diharapkan.

D. Maksud, Tujuan dan sasaran diadakannya Program Kerja 

1. Maksud Tujuan

Penyusunan program kerja ini dimaksudkan sebagai pedoman sebelumnya selama dan sesudah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dan secara terperinci program kerja ini berfungsi sebagai:
1.   Petunjuk persiapan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 yang mencakup jumlah peserta, kebutuhan ruang, jadwal kegiatan dan segala sesuata yang berhubungan dengan persiapan.
2.   Petunjuk pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. Petunjuk untuk Ulangan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 memperoleh instrumen yamg memadai seperti tingkat kesukaran, jenjang, dll.
3.        Petunjuk agar pelaksanaan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
4.        Petunjuk penilaian hasil belajar sehingga ditentukan nilai akhir yang diperoleh siswa.


2. Sasaran
a.       Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat berjalan lancar dan tertib.
b.      Setiap Anggota panitia dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, sungguh-sungguh dan tepat waktu
c.       Terjalin kebersamaan dan gotong-royong
 

E. Ruang Lingkup
    Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 mengacu kepada kurikulum 2013 Revisi Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Sesuai dengan tujuan pemerintah untuk mencapai standarisasi dalam bidang pendidikan, maka ulangan ini dilaksanakan secara individu di SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Prov, Kab./Kota ….. dan bagi MTs di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Barat.
     Berdasarkan hal tersebut, SMP/MTs berpedoman kepada Rapat Dinas Guru, pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dilaksanakan mulai tanggal 03 Desember s.d. 08 Desember 2018
    Agar dapat memberikan gambaran yang jelas kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, dalam program kerja ini akan disinggung masalah yang berhubungan dengan jumlah peserta, pembagian ruang, jadwal pelajaran yang di ulangankan, jadwal mengawas oleh pengawas ruang, dan pemeriksaaan lembar jawaban peserta ulangan oleh guru mata pelajaran.

1. Jumlah Peserta
Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 diikuti oleh siswa kelas VII,  VIII dan IX yang dinyatakan berhak mengikuti Ulangan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.  Adapun perinciannya adalah sebagai berikut:


2. Junmlah Ruang
Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 seluruhnya menggunakan 16 ruangan, yaitu ruangan 01 sampai dengan ruangan 16 dengan perincian sebagai berikut :

2. Jadwal Pelajaran
Jadwal Pelajaran yang diulangankan mengacu kepada Kalender Pendidikan Kementerian Agama Tahun Pelajaran 2019/2020.

3. Pengawasan
Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 diadakan di ruang 01 sampai dengan 19. Sesuai dengan kebiasaan yang mengacu kepada jumlah pengawas ruang dan disesuaikan dengan anggaran yang ada, maka setiap ruang ditetapkan satu orang pengawas ruang. Dengan demikian setiap hari diperlukan 19 orang pengawas ruang ditambah beberapa orang cadangan yang diambil dari panitia bila terjadi hal-hal dimana pengawas ruang yang telah ditetapkan berhalangan hadir.
Daftar guru yang diberi tugas Mengawas Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020:


F. Sistematika
Program kerja penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 ini disusun berdasarkan petunjuk untuk SMP dari Kemendikbud dan MTs dari Kanwil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Propinsi Jawa Barat yang meliputi hal-hal sebagai berikut:


BAB I             :  PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
B.       Dasar Hukum
C.       Program Kerja
D.      Maksud Tujuan dan Sasaran
E.       Ruang lingkup
F.        Sistematika

BAB II                        : PENGORGANISASIAN
A.      Sususnan Organisasi
B.       Susunan Panitia
C.       Rincian Tugas

BAB III          : JADWAL KEGIATAN
BAB IV          : RENCANA ANGGARAN
A.      Sumber Biaya
B.       Rencana Pengeluaran

BAB V            : PENUTUP
  Lampiran-lampiran

 

BAB II
PENGORGANISASIAN


            Dalam melaksanakan Penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020, perlu disusunnya organisasi kepanitiaan dan rincian tugas dari setiap panitia yang menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.  Adapun susunan organisasi kepanitian Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 adalah sebagai berikut:  
A. Susunan Organisasi

B. Susunan Panitia
Penanggung Jawab                 : Kepala Madrasah ( ..........)
Wakil Penanggung Jawab      : PKM Bid. Kurikulum ( .......... )
K e t u a                                  : ..........
Sekretaris                                : ..........
Bendahara                              : L. ........... dan ..........
Anggota                                 :  1. ..........
                                                         2. ..........
                                                         3. ..........
C. Rincian Tugas

1.        Penanggung Jawab
a.         Sebagai penanggung jawab segala kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dari awal hingga akhir kegiatan, baik keluar maupun ke dalam.
b.        Mengarahkan, mengkoordinasikan, mengawasi serta mengevaluasi seluruh kegiatan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
c.         Menentukan kebijakan umum sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh instansi terkait.
2.        Ketua
a.         Bertanggung jawab atas kelancaran, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
b.        Menetapkan dan memberikan surat keputusan untuk Panitia Penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dan mengatur secara garis besar mekanisme kerja para petugas dan panitia penyelenggara.
c.         Mengkoordinasikan dan mengatur segala kegiataan atau pembagian tugas yang berhubungan dengan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
3.        Sekretaris
a.         Menyiapkan dan membuat administrasi.
b.        Menyiapkan dan membuat format-format kegiatan.
c.         Mencatat peserta yang tidak hadir setiap pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
d.        Membuat pengamanan dan penyimpanan berkas.
e.         Menyusun laporan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
4.        Bendahara
a.         Merencanakan dan membuat program. 
dst .....

BAB III
JADWAL KEGIATAN



BAB IV
RENCANA ANGGARAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMP/MTS ..............................
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Contoh :
A. TOTAL PEMASUKAN
B. RENCANA PENGELUARAN


KETERANGAN
DAFTAR PENERIMAAN HONOR KERJA PANITIA
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
SMP/MTs ..........
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
 
 TENAGA PENDIDIK YANG MEMBANTU DALAM PELAKSANAAN
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 


BAN V
PENUTUP
Program Kerja Sekolah dalam rangka pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 di susun secara terperinci, sebelum memulai suatu kegiatan atau pelaksanaan di maksud, ini akan membantu untuk menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan. Maka kesimpilan yang diambil dalam penyusunan Program Kerja Pelaksanaan PAS Ganjol SMP/MTs Tahun 2019 ini adalah : 
  1. Panitia Penyelenggara akan mengetahui dan melaksanakan tugasnya sesuai dengan kewenangan.
  2. Akan selalu mengadakan koordinasi atar panitia.
  3. Penggunaan anggaran akan sesuai dengan anggaran yang tersedia.
  4. Bila ada hal-hal yang dibalik perencanaan yang tidak sesuai dengan rencana, segera melaporkan kepada panitia/Kepala Sekolah, sehingga segera dapat ditangani dan tidak akan cepat informasi tersebut menyebar ke luar.
Mudah-mudahan Contoh progran kerja Penilaain Akhir Semester Ganjil untuk SMP.MTs ini dapat membantu panitia khususnya, dan umumnya penyelengaran PAS 1 Tahun pelajaran 2019/2020 dapat berjalan atau berlangsun tertib dan lancar.


                                                                                       ................, Desember 2019
                                                                                        Kepala Sekolah / Madrasah

                                                                                        .....................................
                                                                                        NIP.
Sekian dan tetima kasih telah menggunakan website www.gurujumi.blogspot.com sebagai sarana untuk pendidikan dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
Sampai berjumpa kembali dilain waktu dan tunggu artikel menarik lainnya.

0 Response to "Contoh Program PAS (Penilian Akhir Semester) Ganjil SMP-MTs Tahun Pelajaran 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel