Contoh Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah
Rencana Kerja Kepala Sekolah
Tahun Pelajaran ... /....
Hari : .....
Tanggal : ....
Download Laporan Program Kerja Kepala Sekolah TP. 2017/2018 dan Program Kerja TP. 2018/2019
Marilah kita lihat liputan lengkapnya terkait dengan RKT Sekolah di bawah ini.
Demikianlah yang dapat admin tukis terkait dengan Contoh RKT Sekolah Dasar Tahun 2019/2020. Semoga membantu bagi Bapak Ibu yang sedang memerlukannya.
Tahun Pelajaran ... /....
Contoh Halaman Cover RKT
Contoh Cover RKT Sekolah |
Lembar Pengesahan
Rencana Kerja Tahunan (RKT) Tahun 2019 Sekolah... Kecamatan ... Kabupaten/Kota .... Provinsi ....di sahkan.Hari : .....
Tanggal : ....
Oleh :
Komite Sekolah : Kepala Sekolah :
................................ ...................................
NIP.
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas segala karunia dan rahmat-Nya, sehingga Rencana Kerja Sekolah (RKS) SD Negeri 1 Mekarmukti Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat terselesaikan dengan baik sesuai yang direncanakan.
Penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) ini didasarkan atas kebutuhan dan harapan warga sekolah beserta pemangku kepentingan (stakeholder) dalam mengelola SD Negeri 1 Mekarmukti. Pertimbangan lain adalah bekerja dengan perencanaan yang jelas akan memudahkan pelaku kepentingan bekerja secara jelas pula dan lebih terarah. Berbeda jika bekerja tanpa perencanaan sama halnya menciptakan kegagalan akan menimbulkan benturan-benturan tugas atau tumpang tindihnya kegiatan.
Pengembangan program kerja sekolah disusun berdasarkan hasil evaluasi diri dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah. Materi program kerja disusun secara garis besar, karena itu pelaksanaannya di lapangan disesuaikan dengan kondisi maupun situasi yang ada. Hal ini dikandung maksud agar program kerja ini dapat dikembangkan secara fleksibel, dinamis, efisien dan efektif tanpa keluar dari pokok program yang telah ditetapkan.
Kami menyadari bahwa program ini dapat diselesaikan atas kerjasama semua pihak yang terkait. Karena itu kami sampaikan terima kasih atas segala bantuan yang diberikan, semoga Tuhan memberikan imbalan dan balasan yang lebih baik.
Harapan kami kepada para pembaca semoga berkenan memberikan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan program ini
Penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) ini didasarkan atas kebutuhan dan harapan warga sekolah beserta pemangku kepentingan (stakeholder) dalam mengelola SD Negeri 1 Mekarmukti. Pertimbangan lain adalah bekerja dengan perencanaan yang jelas akan memudahkan pelaku kepentingan bekerja secara jelas pula dan lebih terarah. Berbeda jika bekerja tanpa perencanaan sama halnya menciptakan kegagalan akan menimbulkan benturan-benturan tugas atau tumpang tindihnya kegiatan.
Pengembangan program kerja sekolah disusun berdasarkan hasil evaluasi diri dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah. Materi program kerja disusun secara garis besar, karena itu pelaksanaannya di lapangan disesuaikan dengan kondisi maupun situasi yang ada. Hal ini dikandung maksud agar program kerja ini dapat dikembangkan secara fleksibel, dinamis, efisien dan efektif tanpa keluar dari pokok program yang telah ditetapkan.
Kami menyadari bahwa program ini dapat diselesaikan atas kerjasama semua pihak yang terkait. Karena itu kami sampaikan terima kasih atas segala bantuan yang diberikan, semoga Tuhan memberikan imbalan dan balasan yang lebih baik.
Harapan kami kepada para pembaca semoga berkenan memberikan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan program ini
................., ......................2019
Kepala Sekolah,
cap & ttd
..........................
NIP.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Landasan
C. Tujuan Penyusunan
BAB II DATA SEKOLAH
A. Data Sekolah
1. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
2. Data Peserta Didik
3. Data Komite Sekolah
4. Data Sarana Prasarana
B. Hasil Program Tahun Sebelumnya
BAB III STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH
A. Struktur Organisasi
B. Uraian Tugas
BAB IV RENCANA KEGIATAN SEKOLAH (RKS)
A. Rencana Kegiatan
B. Jadwal Kegiatan
BAB V RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)
BAB VI PENUTUP
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Landasan
C. Tujuan Penyusunan
BAB II DATA SEKOLAH
A. Data Sekolah
1. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
2. Data Peserta Didik
3. Data Komite Sekolah
4. Data Sarana Prasarana
B. Hasil Program Tahun Sebelumnya
BAB III STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH
A. Struktur Organisasi
B. Uraian Tugas
BAB IV RENCANA KEGIATAN SEKOLAH (RKS)
A. Rencana Kegiatan
B. Jadwal Kegiatan
BAB V RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)
BAB VI PENUTUP
DAFTAR TABEL
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan menyebutkan bahwa setiap sekolah harus menyusun rencana kerja sekolah yang terdiri dari rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan. Ketentuan tentang rencana kerja jangka menengah yang selanjutnya disebut RKJM dan rencana kerja tahunan yang selanjutnya disebut RKT ini diperkuat melalui Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pada Pasal 51, menyatakan bahwa satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan menengah harus membuat kebijakan tentang perencanaan program dan pelaksanaannya secara transparan dan akuntabel.
Manajemen Berbasis Sekolah yang selanjutnya disebut MBS merupakan salah satu amanah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Oleh karena itu setiap satuan pendidikan diwajibkan menerapkannya dalam bentuk kebijakan-kebijakan nyata untuk mengelola satuan pendidikan sebagaimana dimaksud, dalam rangka mewujudkan sistem pengelolaan dan manajerial sekolah yang transparan dan akuntabel, tanpa meninggalkan peran serta masyarakat, dan pengelolaan pembelajaran yang optimal. Kebijakan ini diberlakukan secara nasional pada setiap satuan pendidikan termasuk di lingkungan Sekolah Dasar UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.
Tiga pilar MBS meliputi aspek pengelolaan yang transparan; pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan; dan peran serta masyarakat yang semakin meningkat. Secara ideal, variabel-variabel tersebut harus mampu berjalan beriringan untuk mewujudkan postur MBS sebagaimana dikehendaki dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Konsekuensinya adalah terciptanya sebuah sistem pengelolaan satuan pendidikan dengan anatomi yang sejalan dengan pilar-pilar MBS.
Kesebangunan konsep pengelolaan satuan pendidikan dengan pilar-pilar MBS akan memudahkan pencapaian tujuan MBS, yaitu peningkatan prestasi belajar peserta didik dan akuntabilitas publik. Prestasi belajar peserta didik secara nyata ditunjukkan dalam bentuk peningkatan kualitas lulusan, yang di dalamnya tidak saja merepresentasikan pencapaian prestasi akademik, tetapi juga terkandung nilai-nilai kualitatif pembangunan karakter. Sedangkan akuntabilitas publik ditunjukkan dalam bentuk transparansi pengelolaan terutama pengelolaan keuangan dan peran serta aktif masyarakat dalam setiap kebijakan satuan pendidikan yang memang mengharuskan adanya partisipasi masyarakat.
Dalam rangka menuju MBS yang ideal maka pengelolaan satuan pendidikan harus berbasis pada perencanaan yang sesuai dengan kondisi sekolah, sebagai bentuk perangkat lunak kebijakan yang akan dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan MBS. Sebagai salah satu fungsi manajemen yang paling dasar, maka perencanaan harus mampu menjadi pijakan bagi fungsi manajemen yang lain, misalnya pengorganisasian sumber daya yang ada, pengarahan, pengawasan, dan motivasi sehingga fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan satuan pendidikan dapat didistribusikan secara optimal.
Fungsi perencanaan dalam manajemen pengelolaan satuan pendidikan diwujudkan dalam bentuk RKT yang mewakili rencana kebijakan pengelolaan sekolah dalam kurun waktu satu tahun. Kurun waktu satu tahun dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan terhadap satuan pendidikan dalam pengembangan institusi hingga tercapainya postur satuan pendidikan yang sejalan dengan visi dan misi SD Negeri 1 Mekarmukti Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.
Sebagai salah satu sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, maka SD Negeri 1 Mekarmukti, Kecamatan Cibalong yang pada saat RKT ini disusun memiliki jumlah peserta didik sebanyak 100 orang, dan dibimbing oleh 5 guru, terus berupaya meningkatkan sistem pengelolaan sekolah sesuai dengan amanah Undang-undang. Hal itu direalisasikan dalam bentuk Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) sebagaimana tercantum secara jelas pada BAB II.
Dasar-dasar manajemen berbasis sekolah pada SD Negeri 1 Mekarmukti, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, diupayakan dengan mengeksplorasi seluruh kemampuan dan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah. Formalisasi rencana pelaksanaan terhadap manajemen berbasis sekolah diharapkan mampu menjadi acuan dan pedoman bagi kami, dalam rangka mencapai visi sekolah dengan merealisasikan misi yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan indikator yang jelas dan terukur.
B. Landasan
Sebagai landasan fundamental tempat berpijak dalam penyusunan progran kerja sekolah ini adalah :
- Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh Satuan Pendidikan.
- Visi dan Misi SD Negeri 1 Mekarmukti, Kecamatan Cibalong.
- Rencana Kerja Sekolah (RKS) SD Negeri 1 Mekarmukti.
- Ketetapan bersama Kepala Sekolah, Guru, dan Pengurus Komite.
Secara garis besar secara keseluruhan dapat dikemukakan bahwa tujuan penyusunan Progran Kerja Sekolah dapat dikemukakan sebagai berikut :
- Untuk menyatukan pandangan dan cita-cita bagi seluruh warga sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan;
- Untuk memudahkan dalam melaksanakan tugas pengelolaan sekolah sesuai bidang masing-masing;
- Untuk memudahkan dalam melaksanakan evaluasi tugas yang telah berhasil dicapai atau yang belum dicapai;
- Sebagai tempat berpijak untuk kesinambungan pelaksanaan Program Sekolah pada tahun berikutnya;
- Memberikan gambaran kondisi nyata saat ini dan kondisi yang diharapkan dapat terwujud dalam waktu satu tahun ke depan;
- Sebagai bentuk laporan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan yang membutuhkan;
- Sebagai bahan kajian bagi pendidik dan atau tenaga kependidikan baru yang ditempatkan di SD Negeri 1 Mekarmukti;
- Sebagai referensi bagi para peneliti yang ingin mengadakan penelitian di SD Negeri 1 Mekarmukti.
BAB II
DATA SEKOLAH
A. Data Sekolah
1. Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut status kepegawaian dan jenis kelamin
Tabel 1: Jumlah tenaga menurut status kepegawaian dan jenis kelamin |
2. Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut tingkat pendidikan
3. Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut masa kerja (tahun)
4. Data Peserta Didik
Jumlah peserta pada awal tahun pelajaran 4 tahun terakhir
5. Data Peserta Didik Mengulang
6. Tabel Jumlah Lulusan
Silahkan unduh apabila ada yang sedang membutuhkan pada link di bawah ini.
Baca juga Contoh RKJM di bawah ini.
Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021, RKJM Terbaru
Download Contoh Program Rencana Kerja Tahunan Kepala Madrasa MI MTS MA Terbaru
Kepala Sekolah/Madrasah memiliki peran yang sangat strategis sebagai manajer dan sekaligus sebagai ujung tombak dalam upaya un…Download Laporan Program Kerja Kepala Sekolah TP. 2017/2018 dan Program Kerja TP. 2018/2019
Marilah kita lihat liputan lengkapnya terkait dengan RKT Sekolah di bawah ini.
Demikianlah yang dapat admin tukis terkait dengan Contoh RKT Sekolah Dasar Tahun 2019/2020. Semoga membantu bagi Bapak Ibu yang sedang memerlukannya.
0 Response to "Contoh Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah"
Post a Comment