Unduh Format LK 9 Sistematika Laporan Best Practice dan Contoh Sistematika Laporan Pelaksanaan Bagi Guru Inti Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019
Halo sahabat guru semua. Pada pagi ini admin blog Guru Jumi akan memberikan Bentuk format LK-9 Sistematika Laporan Best Practice sebagai tugas akhir bagi Peserta Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi tahun 2019 serta admin akan memberikan Contoh Laporan tersebut yang sudah fix atau yang sudah jadi.
Inilah Format selengkapnya.
LK-9 SISTEMATIKA LAPORAN BEST PRACTICE
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
BIODATA PENULIS
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Jenis Kegiatan
C. Manfaat Kegiatan
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Tujuan dan Sasaran
B. Bahan/Materi Kegiatan
C. Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan
D. Alat/Instrumen
E. Waktu dan Tenpat Kegiatan
BAB III HASIL KEGIATAN
(menjelaskan hasil yang diperoleh, masalah yang dihadapi dan cara mengatasi masalah tersebut)
BAB IV SIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Simpulan
B. Rekomendasi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
R-9 Rubrik Laporan Best Practise
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil refleksi dari peserta.
A. Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
Itulah LK-9 Sistematika Laporan Best Practice untuk Peserta Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 2019
Sekarang admin akan memberikan sebagai Unduh Contoh Sistematia Laporan Pelaksanaan Bagi Guru Inti Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019, ini sebagai referensi atau acuan Bapak Ibu sebagai pesetrta Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi. Mari baca selengkapnya berikut ini.
inilah krangka laporannya untuk GI atau Guru Inti :
4. Jadwal Kegiatan
5. Peningkatan Kompetensi Peserta
Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran selama Program PKP bagi guru sasaran, diperoleh hasil bahwa peserta yang mengalami peningkatan kompetensi dilihat nilai akhir >70 sejumlah … peserta. (Data nilai terlampir)
6. Pelaksanaan, Masalah, dan Cara Penyelesaian
Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan Program PKP bagi guru sasaran, diperoleh beberapa hal berikut.
1. Kesimpulan
Program PKP bagi guru sasaran kelas 320069.3206.4227.B mata pelajaran Guru Kelas Atas dengan mengambil unit pembelajaran 1 IPA dan unit pembelajaran 2 Matematika, telah dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2019 s.d. 10 November 209 . Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang tergabung dalam komunitas Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi di wilayah Sektikpus SMAN 1 Cipatujah . Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan, diperoleh bahwa guru sasaran yang tuntas dalam menyelesaikan kegiatan dengan memperoleh sertifikat berjumlah … peserta, dan surat keterangan berjumlah … peserta.
Adapun hal penting yang dapat disimpulkan dari kegiatan Program PKP bagi guru sasaran di zonasi ini adalah … .
2. Rekomendasi
Berdasarkan hasil pelaksanaan dan selama proses pembelajaran Program PKP bagi guru sasaran, berikut beberapa rekomendasi yang dapat diberikan:
a. Guru dalam pembelajaran memanfaatkan leptop cenderung cukup, namun masih sebagian dari jumlah guru yang GI amati belum dapat mengoperasikan leptop dengan baik, hal ini dikarenakan tidak tersedianya sarana leptop pada sebagian guru sasaran , juga jaringan internet yang ada di lingkungan sekolah dan di lingkungan guru sasaran lambat.
Hal ini direkomendasikan untuk diadakan penambahan jumlah komputer/leptop dan LCD projector beserta pelatihan untuk guru dalam pemanfaatan komputer/leptop dalam pembelajaran.
b.
Laporan Selengkapnya terkait dengan LK 9 Sistematika Laporan Best Practice ada di bawah ini.
Silahkan unduh/downloadnya.
Demikianlah. Semoga menjadi inspirasi Bapak Ibu dalam membuat laporan akhir Pendidikan dan Latihan PKP Berbasis Zonasi. Semoga mendapatkan nilai terbaik. Amiin
Inilah Format selengkapnya.
LK-9 SISTEMATIKA LAPORAN BEST PRACTICE
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
BIODATA PENULIS
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Jenis Kegiatan
C. Manfaat Kegiatan
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN
A. Tujuan dan Sasaran
B. Bahan/Materi Kegiatan
C. Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan
D. Alat/Instrumen
E. Waktu dan Tenpat Kegiatan
BAB III HASIL KEGIATAN
(menjelaskan hasil yang diperoleh, masalah yang dihadapi dan cara mengatasi masalah tersebut)
BAB IV SIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. Simpulan
B. Rekomendasi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
R-9 Rubrik Laporan Best Practise
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil refleksi dari peserta.
A. Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
- Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-9!
- Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
- Memuat Lembar Judul
- Memuat Halaman Pengesahan yang ditanda tangani Kepala Sekolah
- Memuat Biodata Penulis dengan lengkap
- Memuat Kata Pengantar, Daftar Isi dan Daftar Lampiran
- Menguraikan Latar Belakang Masalah dari kesenjangan harapan dengan kenyataan yang ada dengan jelas
- Menguraikan jenis dan manfaat kegiatan dengan jelas
- Memuat tujuan dan sasaran, Bahan/Materi Kegiatan, Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan, Alat/Instrumen, Waktu dan Tenpat Kegiatan dengan jelas
- Menguraikan hasil kegiatan dengan penjelasan hasil yang diperoleh, masalah yang dihadapi dan cara mengatasi masalah tersebut dengan jelas
- Memuat simpulan dan rekomendasi yang relevan
- Memuat daftar pustaka sesuai materi yang dituangkan
- Memuat lampiran yang dilengkapi dokumentasi, instrumen dan hasil pembelajaran
Itulah LK-9 Sistematika Laporan Best Practice untuk Peserta Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 2019
Unduh Filenya >>> DI SINI
Sekarang admin akan memberikan sebagai Unduh Contoh Sistematia Laporan Pelaksanaan Bagi Guru Inti Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019, ini sebagai referensi atau acuan Bapak Ibu sebagai pesetrta Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi. Mari baca selengkapnya berikut ini.
inilah krangka laporannya untuk GI atau Guru Inti :
Sistematika Laporan Pelaksanaan
Program PKP
Program PKP
Bab I. Pendahuluan
A.
Latar Belakang
B.
Tujuan
C.
Sasaran
D.
Hasil yang Dicapai
Bab II. Pelaksanaan
A.
Waktu dan Tempat
B.
Peserta
C.
Struktur Program
D.
Jadwal Kegiatan
E.
Peningkatan Kompetensi Peserta
F.
Pelaksanaan, Masalah, dan Cara Penyelesaian
Bab III. Kesimpulan
A.
Kesimpulan
RekomendasiBab I. Pendahuluan
1. Latar Belakang
Guru
mempunyai tugas, fungsi, dan peran sangat penting serta strategis dalam
mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu
berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan
teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, berjiwa
sosial, dan berkepribadian yang baik.
Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan
negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Agar guru dapat melaksanakan
tugasnya dalam memberikan layanan
pendidikan/pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik, wajib bagi guru
untuk selalu melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guna
mendukung pengembangan profesi bagi guru
sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Ujian
Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan bagian
yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem
evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan
mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian
Pendidikan. Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN selaras dengan capaian
PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih
lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisa, dan
mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan
pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) agar
terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen
GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan
kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis
Zonasi yang selanjutnya disebut dengan Program PKP.
Untuk meningkatkan efisiensi,
efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program
PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal
dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat
Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru
(KKG) SD, atau musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK, dan
musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan
melalui Gugus atau Rayon, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan
pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan
keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi
sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau
pertimbangan mutu lainnya.
2. Tujuan Kegiatan
Program PKB melalui PKP
Berbasis Zonasi merupakan program yang bertujuan untuk
meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan,
melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada
keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher
Order Thinking Skills/HOTS) pada unit
pembelajaran 1 Ilmu Pengetahuan Alam dan unit pembelajaran 2 Matematika. Program ini merupakan salah
satu program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya
memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi
keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan
mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan
istilah zonasi, maka program ini dilakukan
dengan berbasis zonasi, selanjutnya disebut dengan Program PKP.
3. Sasaran
Sasaran
dari Program PKB melalui PKP
Berbasis Zonasi adalah guru pada semua jenjang satuan pendidikan mulai dari
TK/TKLB, SD/SDLB,SMP/SMPLB,SMA/SMALB, dan SMK/SMKLB kelas 320069.3206.4227.B
dengan mata pelajaran Guru Kelas Atas.
4. Hasil yang Dicapai
Hasil yang ingin
dicapai dari program PKP bagi guru sasaran ini adalah meningkatnya kompetensi guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai
dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir
tingkat tinggi (Higher Order Thinking
Skills/HOTS).
Bab II. Pelaksanaan
1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
a.
Waktu pelaksanaan
Kegiatan Program PKP
bagi guru sasaran kelas 320069.3206.4227.B dan mata pelajaran Guru Kelas Atas dilaksanakan pada hari Minggu,
tanggal 13 Oktober 2019 sampai dengan hari Minggu,
tanggal 10 November 2019 . Pola kegiatan dilaksanakan selama 82 JP yang mencakup 8 sesi kegiatan (kegiatan In-1,
kegiatan In-2, kegiatan On-1, kegiatan In-3, kegiatan On-2, kegiatan In-4,
kegiatan On-3, dan kegiatan In-5)
b.
Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Program PKP
bagi guru sasaran dilaksanakan di …, Kabupaten/Kota …, provinsi … .
2. Peserta
Peserta yang telah mengikuti Program
PKP bagi guru sasaran kelas 320069.3206.4227.B dan
mata pelajaran Guru
Kelas Atas dengan unit
pembelajaran 1 Ilmu Pengetahuan Alam dan
unit pembelajaran 2 Matematika adalah sejumlah 20 orang guru. (Data lengkap peserta
terlampir)
3. Struktur Program
4. Jadwal Kegiatan
5. Peningkatan Kompetensi Peserta
Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran selama Program PKP bagi guru sasaran, diperoleh hasil bahwa peserta yang mengalami peningkatan kompetensi dilihat nilai akhir >70 sejumlah … peserta. (Data nilai terlampir)
6. Pelaksanaan, Masalah, dan Cara Penyelesaian
Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan Program PKP bagi guru sasaran, diperoleh beberapa hal berikut.
NO
|
Nama
Kegiatan
|
Masalah/Kendala
|
Cara
Penyelesaian
|
Keterangan
|
|
1.
|
In-1, Kegiatan Awal
|
Listrik mati, kegiatan dilaksanakan tanpa mikrofoon
dan sound system.
Flesdisk yang dibagikan ke GS rusak oleh virus jadi
file, materi dan video pembelajaran ada yang tidak bisa dibuka sama sekali
|
Volume suara GI diperkeras .
Video pembelajaran dishere di
grup GI dan GS bantah.
Jaringan internet jelek, GS
tidak bisa Upload tagihan langsung.
|
Sudah diupayakan mencari jeetset
tapi orang yang punya jettsetnta sedang keluar kota.
|
|
2.
|
In-2, pengisian LK-3 Format desain pembelajaran
berdasarkan model pembelajaran
|
Ada GS yang salah pengertian
tentang KD yang dibahas pada unit pembelajaran 1, sehingga setelah diperiksa
oleh GI hasil pekerjaannya tidak sesuai dengan LKPD dan materi penunjang yang
ada pada unit pembelajaran IPA yang
dibahas.
|
Diberi penjelasan ulang oleh GI,
dan diperlihatkan LKPD dan materi penunjang yang sesuai UP 1
|
Desain pembelajaran direvisi
kembali
|
|
3.
|
On-2 dan On-3, praktik pembelajaran
|
Ada 20 GS saat praktik
pembelajaran mendapat supervisi dari satu orang pengawas, lokasi tempat GS
mengajar jauh dari keramaian, dengan akses jalan yang rumit.
|
Di cari solusi agar pelaksanaan
praktik tetap dapat dilaksanakan dengan adanya supervisi dari pengawas, yaitu
tempat pelaksanaan praktik diatur, dan dikondisikan di satu tempat yang
straegis sesuai jadwal yang disepakati bersama.
|
Kegitan berjalan sesuai jadwal
yang disepakati bersama, pelaksanaan lancar dan kondusif.
|
Bab III. Kesimpulan dan Rekomendasi
1. Kesimpulan
Program PKP bagi guru sasaran kelas 320069.3206.4227.B mata pelajaran Guru Kelas Atas dengan mengambil unit pembelajaran 1 IPA dan unit pembelajaran 2 Matematika, telah dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2019 s.d. 10 November 209 . Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang tergabung dalam komunitas Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi di wilayah Sektikpus SMAN 1 Cipatujah . Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan, diperoleh bahwa guru sasaran yang tuntas dalam menyelesaikan kegiatan dengan memperoleh sertifikat berjumlah … peserta, dan surat keterangan berjumlah … peserta.
Adapun hal penting yang dapat disimpulkan dari kegiatan Program PKP bagi guru sasaran di zonasi ini adalah … .
2. Rekomendasi
Berdasarkan hasil pelaksanaan dan selama proses pembelajaran Program PKP bagi guru sasaran, berikut beberapa rekomendasi yang dapat diberikan:
a. Guru dalam pembelajaran memanfaatkan leptop cenderung cukup, namun masih sebagian dari jumlah guru yang GI amati belum dapat mengoperasikan leptop dengan baik, hal ini dikarenakan tidak tersedianya sarana leptop pada sebagian guru sasaran , juga jaringan internet yang ada di lingkungan sekolah dan di lingkungan guru sasaran lambat.
Hal ini direkomendasikan untuk diadakan penambahan jumlah komputer/leptop dan LCD projector beserta pelatihan untuk guru dalam pemanfaatan komputer/leptop dalam pembelajaran.
b.
LAMPIRAN
Lampiran 1. Rekapitulasi Data Peserta
NO
|
Nama Peserta
|
Nama
Sekolah
|
Kabupaten/Kota
Sekolah
|
||
1.
|
Aang Romya Rahayu
|
SDN 2 Najaten
|
Garut
|
||
2.
|
Akhmad Sobur
|
SDN 1 Mekarwangi
|
Garut
|
||
3.
|
Apip Kurniawan
|
SDN 1 Sagara
|
Garut
|
||
4.
|
Daryana
|
SDN 1 Sancang
|
Garut
|
||
5.
|
Edi Raulia
|
SDN 3 Simpang
|
Garut
|
||
6.
|
Eko Prasetyo Surjono
|
SDN 2 Simpang
|
Garut
|
||
7.
|
Erni Nurmaesah
|
SDN 1 Najaten
|
Garut
|
||
8.
|
Gumilar
|
SDN 4 Simpang
|
Garut
|
||
9.
|
Imas Pupah
|
SDN 5 Mekarsari
|
Garut
|
||
10.
|
Ita Rosita
|
SDN 1 Simpang
|
Garut
|
||
11.
|
Kurniasih
|
SDN 1 Mekarwangi
|
Garut
|
||
12.
|
Odang Karyana
|
SDN 3 Sagara
|
Garut
|
||
13.
|
Rani Febrianti
|
SDN 1 Sancang
|
Garut
|
||
14.
|
Juagianti
|
SDN 2 Karyasari
|
Garut
|
||
15.
|
Rini Sri Haryani
|
SDN 5 Mekarsari
|
Garut
|
||
16.
|
Siti Komariah
|
SDN 4 Sancang
|
Garut
|
||
17.
|
Suryana
|
SDN 2 Najaten
|
Garut
|
||
18.
|
Susi Mulyati
|
SDN 2 Sancang
|
Garut
|
||
19.
|
Wawan Hermawan
|
SDN 4 Sagara
|
Garut
|
||
20.
|
Wiwi Surtia
|
SDN 3 Sancang
|
Garut
|
||
Lampiran 2. Penilaian Sikap
Lampiran 3. Penilaian Keterampilan
Lampiran 4. Rekapitulasi Laporan Ketuntasan Belajar Peserta
NO
|
Nama Peserta
|
Ketuntasan belajar
|
Nilai
Sikap
|
Nilai
Keterampilan
|
Nilai Tes
Akhir
|
Nilai
Akhir
|
|
Ya
|
tidak
|
||||||
1.
|
Aang Romya Rahayu
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Akhmad Sobur
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Apip Kurniawan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Daryana
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Edi Raulia
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Eko Prasetyo Surjono
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Erni Nurmaesah
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Gumilar
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Imas Pupah
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Ita Rosita
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
Kurniasih
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Odang Karyana
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Rani Febrianti
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
Rini Sri Haryani
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Siti Komariah
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
Suryana
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
Susi Mulyati
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
Wawan Hermawan
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Wiwi Surtia
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 5 Dokumentasi Photo saat kegiatan In
Laporan Selengkapnya terkait dengan LK 9 Sistematika Laporan Best Practice ada di bawah ini.
Silahkan unduh/downloadnya.
Demikianlah. Semoga menjadi inspirasi Bapak Ibu dalam membuat laporan akhir Pendidikan dan Latihan PKP Berbasis Zonasi. Semoga mendapatkan nilai terbaik. Amiin
0 Response to "Unduh Format LK 9 Sistematika Laporan Best Practice dan Contoh Sistematika Laporan Pelaksanaan Bagi Guru Inti Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019"
Post a Comment