Unduh Format LK 9 Sistematika Laporan Best Practice dan Contoh Sistematika Laporan Pelaksanaan Bagi Guru Inti Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019

Halo sahabat guru semua. Pada pagi ini admin blog Guru Jumi akan memberikan Bentuk format LK-9 Sistematika Laporan Best Practice sebagai tugas akhir bagi Peserta Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi tahun 2019 serta admin akan memberikan Contoh Laporan tersebut yang sudah fix atau yang sudah jadi.

Inilah Format selengkapnya.

LK-9 SISTEMATIKA LAPORAN BEST PRACTICE

DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
BIODATA PENULIS
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.    Jenis Kegiatan
C.    Manfaat Kegiatan
BAB II PELAKSANAAN KEGIATAN
A.    Tujuan dan Sasaran
B.    Bahan/Materi Kegiatan
C.    Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan
D.    Alat/Instrumen
E.    Waktu dan Tenpat Kegiatan
BAB III HASIL KEGIATAN
(menjelaskan hasil yang diperoleh, masalah yang dihadapi dan cara mengatasi masalah tersebut)
BAB IV SIMPULAN DAN REKOMENDASI
A.    Simpulan
B.    Rekomendasi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
R-9 Rubrik  Laporan Best Practise
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil refleksi dari peserta.
A. Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
  1. Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-9!
  2. Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
B. Kegiatan Praktik
  1. Memuat Lembar Judul
  2. Memuat Halaman Pengesahan yang ditanda tangani Kepala Sekolah
  3. Memuat Biodata Penulis dengan lengkap
  4. Memuat Kata Pengantar, Daftar Isi dan Daftar Lampiran
  5. Menguraikan Latar Belakang Masalah dari kesenjangan harapan dengan kenyataan yang ada dengan jelas
  6. Menguraikan jenis dan manfaat kegiatan dengan jelas
  7. Memuat tujuan dan sasaran, Bahan/Materi Kegiatan, Metode/Cara Melaksanakan Kegiatan, Alat/Instrumen, Waktu dan Tenpat Kegiatan dengan jelas
  8. Menguraikan hasil kegiatan dengan penjelasan hasil yang diperoleh, masalah yang dihadapi dan cara mengatasi masalah tersebut dengan jelas
  9. Memuat simpulan dan rekomendasi yang relevan
  10. Memuat daftar pustaka sesuai materi yang dituangkan
  11. Memuat lampiran yang dilengkapi dokumentasi, instrumen dan hasil pembelajaran
Rubrik Penilaian
Itulah LK-9 Sistematika Laporan Best Practice untuk Peserta Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 2019

Unduh Filenya >>> DI SINI


Sekarang admin akan memberikan sebagai Unduh Contoh Sistematia Laporan Pelaksanaan Bagi Guru Inti Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019, ini sebagai referensi atau acuan Bapak Ibu sebagai pesetrta Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi. Mari baca selengkapnya berikut ini.
inilah krangka laporannya untuk GI atau Guru Inti :

Sistematika Laporan Pelaksanaan
Program PKP

Bab I. Pendahuluan
A.      Latar Belakang
B.      Tujuan
C.      Sasaran
D.     Hasil yang Dicapai
Bab II. Pelaksanaan
A.      Waktu dan Tempat
B.      Peserta
C.      Struktur Program
D.     Jadwal Kegiatan
E.      Peningkatan Kompetensi Peserta
F.       Pelaksanaan, Masalah, dan Cara Penyelesaian
Bab III. Kesimpulan
A.      Kesimpulan
Rekomendasi





Bab I. Pendahuluan

1.    Latar Belakang

Guru mempunyai tugas, fungsi, dan peran sangat penting serta strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, berjiwa sosial,  dan berkepribadian yang baik. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Agar guru dapat melaksanakan tugasnya  dalam memberikan layanan pendidikan/pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik, wajib bagi guru untuk selalu melakukan kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi bagi guru sesuai dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 
Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pendidikan nasional. UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan. Hasil pengukuran capaian siswa berdasar UN selaras dengan capaian PISA maupun TIMSS. Hasil UN tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa-siswa masih lemah dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) seperti menalar, menganalisa, dan mengevaluasi. Oleh karena itu siswa harus dibiasakan dengan soal-soal dan pembelajaran yang berorientasi kepada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) agar terdorong kemampuan berpikir kritisnya.
Salah satu upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas siswa adalah menyelenggarakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) Berbasis Zonasi yang selanjutnya disebut dengan Program PKP.
Untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi. Melalui langkah ini, pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, kelompok kerja guru (KKG) SD, atau musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK, dan musyawarah guru bimbingan dan konseling (MGBK), yang selama ini dilakukan melalui Gugus atau Rayon, dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat, seperti status akreditasi sekolah, nilai kompetensi guru, capaian nilai rata-rata UN/USBN sekolah, atau pertimbangan mutu lainnya.

2.    Tujuan Kegiatan

Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) pada unit pembelajaran 1 Ilmu Pengetahuan Alam dan unit pembelajaran 2 Matematika. Program ini merupakan salah satu program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang lebih berfokus pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dengan mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi, maka program ini dilakukan dengan berbasis zonasi, selanjutnya disebut dengan Program PKP.

3.    Sasaran

Sasaran dari Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi adalah guru pada semua jenjang satuan pendidikan mulai dari TK/TKLB, SD/SDLB,SMP/SMPLB,SMA/SMALB, dan SMK/SMKLB kelas 320069.3206.4227.B dengan mata pelajaran  Guru Kelas Atas.

4.    Hasil yang Dicapai

Hasil yang ingin dicapai dari program PKP bagi guru sasaran ini adalah meningkatnya kompetensi guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).
 

Bab II. Pelaksanaan

1.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan

a.       Waktu pelaksanaan
Kegiatan Program PKP bagi guru sasaran kelas 320069.3206.4227.B dan mata pelajaran Guru Kelas Atas dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 13 Oktober 2019 sampai dengan hari Minggu, tanggal 10 November 2019 . Pola kegiatan dilaksanakan selama 82 JP yang mencakup 8 sesi kegiatan (kegiatan In-1, kegiatan In-2, kegiatan On-1, kegiatan In-3, kegiatan On-2, kegiatan In-4, kegiatan On-3, dan kegiatan In-5)
b.      Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Program PKP bagi guru sasaran dilaksanakan di …, Kabupaten/Kota …, provinsi … .

2.    Peserta

Peserta yang telah mengikuti Program PKP bagi guru sasaran kelas 320069.3206.4227.B dan mata pelajaran  Guru Kelas Atas dengan unit pembelajaran 1 Ilmu Pengetahuan Alam dan  unit pembelajaran 2 Matematika adalah sejumlah 20 orang guru. (Data lengkap peserta terlampir)

3.    Struktur Program





4. Jadwal Kegiatan

5. Peningkatan Kompetensi Peserta
Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran selama Program PKP bagi guru sasaran, diperoleh hasil bahwa peserta yang mengalami peningkatan kompetensi dilihat nilai akhir >70 sejumlah … peserta. (Data nilai terlampir)

6. Pelaksanaan, Masalah, dan Cara Penyelesaian
Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan Program PKP bagi guru sasaran, diperoleh beberapa hal berikut.
NO
Nama Kegiatan
Masalah/Kendala
Cara Penyelesaian
Keterangan


1.       
In-1, Kegiatan Awal

Listrik mati, kegiatan dilaksanakan tanpa mikrofoon dan sound system.
Flesdisk yang dibagikan ke GS rusak oleh virus jadi file, materi dan video pembelajaran ada yang tidak bisa dibuka sama sekali
Volume suara GI diperkeras .



Video pembelajaran dishere di grup GI dan GS bantah.

Jaringan internet jelek, GS tidak bisa Upload tagihan langsung.
Sudah diupayakan mencari jeetset tapi orang yang punya jettsetnta sedang keluar kota.

2.       
In-2, pengisian LK-3 Format desain pembelajaran berdasarkan model pembelajaran
Ada GS yang salah pengertian tentang KD yang dibahas pada unit pembelajaran 1, sehingga setelah diperiksa oleh GI hasil pekerjaannya tidak sesuai dengan LKPD dan materi penunjang yang ada pada  unit pembelajaran IPA yang dibahas.
Diberi penjelasan ulang oleh GI, dan diperlihatkan LKPD dan materi penunjang yang sesuai UP 1
Desain pembelajaran direvisi kembali

  3.
On-2 dan On-3, praktik pembelajaran
Ada 20 GS saat praktik pembelajaran mendapat supervisi dari satu orang pengawas, lokasi tempat GS mengajar jauh dari keramaian, dengan akses jalan yang rumit.
Di cari solusi agar pelaksanaan praktik tetap dapat dilaksanakan dengan adanya supervisi dari pengawas, yaitu tempat pelaksanaan praktik diatur, dan dikondisikan di satu tempat yang straegis sesuai jadwal yang disepakati bersama.
Kegitan berjalan sesuai jadwal yang disepakati bersama, pelaksanaan lancar dan kondusif.




Bab III. Kesimpulan dan Rekomendasi
 
1. Kesimpulan
Program PKP bagi guru sasaran kelas 320069.3206.4227.B mata pelajaran Guru Kelas Atas dengan mengambil unit pembelajaran 1 IPA dan unit pembelajaran 2 Matematika, telah dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2019 s.d. 10 November 209 . Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang tergabung dalam komunitas Program PKB melalui PKP Berbasis Zonasi di wilayah Sektikpus SMAN 1 Cipatujah . Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan, diperoleh bahwa guru sasaran yang tuntas dalam menyelesaikan kegiatan dengan memperoleh sertifikat berjumlah … peserta, dan surat keterangan berjumlah … peserta.
Adapun hal penting yang dapat disimpulkan dari kegiatan Program PKP bagi guru sasaran di zonasi ini adalah … .

2. Rekomendasi
Berdasarkan hasil pelaksanaan dan selama proses pembelajaran Program PKP bagi guru sasaran, berikut beberapa rekomendasi yang dapat diberikan:
a.    Guru dalam pembelajaran memanfaatkan leptop cenderung cukup, namun masih sebagian dari jumlah guru yang GI amati belum dapat mengoperasikan leptop dengan baik, hal ini dikarenakan tidak tersedianya sarana leptop pada sebagian  guru sasaran , juga jaringan internet yang ada di lingkungan sekolah dan di lingkungan guru sasaran lambat.
Hal ini direkomendasikan untuk diadakan penambahan jumlah komputer/leptop dan LCD projector beserta pelatihan untuk guru dalam pemanfaatan komputer/leptop dalam pembelajaran.
b.
LAMPIRAN

Lampiran 1. Rekapitulasi Data Peserta

NO
Nama Peserta
Nama Sekolah
Kabupaten/Kota Sekolah


1.       
Aang Romya Rahayu
SDN 2 Najaten

                      Garut

2.       
Akhmad Sobur
SDN 1 Mekarwangi
                      Garut

3.       
Apip Kurniawan
SDN 1 Sagara
                      Garut

4.       
Daryana
SDN 1 Sancang
                      Garut

5.       
Edi Raulia
SDN 3 Simpang
                      Garut

  6.
Eko Prasetyo Surjono
SDN 2 Simpang
                      Garut

  7.
Erni Nurmaesah
SDN 1 Najaten
                      Garut

8.
Gumilar
SDN 4 Simpang
                      Garut

9.
Imas Pupah
SDN 5 Mekarsari
                      Garut

10.
Ita Rosita
SDN 1 Simpang
                      Garut

11.
Kurniasih
SDN 1 Mekarwangi
                      Garut

12.
Odang Karyana
SDN 3 Sagara
                      Garut

13.
Rani Febrianti
SDN 1 Sancang
                      Garut

14.
Juagianti
SDN 2 Karyasari
                      Garut

15.
Rini Sri Haryani
SDN 5 Mekarsari
                      Garut

16.
Siti Komariah
SDN 4 Sancang
                      Garut

17.
Suryana
SDN 2 Najaten
                      Garut


18.
Susi Mulyati
SDN 2 Sancang
                      Garut


19.
Wawan Hermawan
SDN 4 Sagara
                      Garut


20.
Wiwi Surtia
SDN 3 Sancang
                      Garut










Lampiran 2. Penilaian Sikap

Lampiran 3. Penilaian Keterampilan

Lampiran 4. Rekapitulasi Laporan Ketuntasan Belajar Peserta

NO
Nama Peserta
Ketuntasan belajar
Nilai Sikap
Nilai Keterampilan
Nilai Tes Akhir
Nilai Akhir
Ya
tidak
1.       
Aang Romya Rahayu






2.       
Akhmad Sobur






3.       
Apip Kurniawan






4.       
Daryana






5.       
Edi Raulia






 6.
Eko Prasetyo Surjono






 7.
Erni Nurmaesah






 8.
Gumilar






 9.
Imas Pupah






10.
Ita Rosita






11.
Kurniasih






12.
Odang Karyana






13.
Rani Febrianti






14.







15.
Rini Sri Haryani






16.
Siti Komariah






17.
Suryana






18.
Susi Mulyati






19.
Wawan Hermawan






20.
Wiwi Surtia








Lampiran 5 Dokumentasi Photo saat kegiatan In

Laporan Selengkapnya terkait dengan LK 9 Sistematika Laporan Best Practice ada di bawah ini.
Silahkan unduh/downloadnya.
Demikianlah. Semoga menjadi inspirasi Bapak Ibu dalam membuat laporan akhir Pendidikan dan Latihan PKP Berbasis Zonasi. Semoga mendapatkan nilai terbaik. Amiin

0 Response to "Unduh Format LK 9 Sistematika Laporan Best Practice dan Contoh Sistematika Laporan Pelaksanaan Bagi Guru Inti Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel