Unduh Jawaban LK 4 Penilaian Berorientasi HOTS Tugas Diklat PKB Melui PKP Berbasis Zonasiif
Halo sahabat guru semua. Masih bertemu dengan kembali dengan blog Guru Jumi yang selalun update terkait dengan pendidikan. Pada kesempatan yang baik ini akan membagikan salah satu tugas untuk guru sasaran peserta Diklat PKP Tahun 2019 dengan Sistem Zonasi yaitu Jawaban LK. 4 Penilian Berorientasi HOTS. Mari lihat dulu di bawah ini.
LK 4 PENILAIAN BERORIENTASI HOTS
Tujuan Kegiatan :
Penyususn Soal Berorientasi HOTS
Langkah Kegiatan :
LK.4A KISI-KISI PENULISAN SOAL
2. KARTU SOAL
LK.4B KARTU SOAL PILIHAN GANDA
LK.4C KARTU SOAL URAIAN
LK 4 PENILAIAN BERORIENTASI HOTS
Tujuan Kegiatan :
Penyususn Soal Berorientasi HOTS
Langkah Kegiatan :
1.
Buatlah penilaian pengetahuan dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata
pelajaran yang diampu sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang telah
ditentukan di desain pembelajaran! (LK-4a)
b.
Buatlah soal pada kartu soal yang tersedia,
setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal pilihan ganda dengan level
kognitif pengetahuan dan pemahaman, aplikasi (LK-4b) dan penalaran serta 1
(satu) soal uraian (LK-4c)!
c.
Anggota kelompok secara berpasangan menelaah
soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia (LK-4d).
2.
Presentasikan hasil kerja, peserta lain
menyimak presentasi dengan cermat untuk
memberikan saran perbaikan!
3.
Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!
LK.4A KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah :
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KARYAMUKTI
Jumlah soal :
2
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Bentuk soal/tes : Uraian
Penyusun : Yanti Parida, S.Pd.SD
Alokasi waktu : 120 Menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
2. KARTU SOAL
LK.4B KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : IV / 1
|
|
Kompetensi Dasar
|
3.4 Menghubungkan gaya dan gerak
pada peristiwa di lingkungan sekitar
|
Materi
|
Bentuk Energi dan Perubahannya
|
Indikator Soal
|
1. Disajikan suatu cerita tentang dua benda yang
dijatuhkan secara bersamaan, siswa dapat menyimpulkan bahwa gaya berat
mempengaruhi kecepatan jatuhnya benda.
2. Disajikan suatu cerita tentang anak yang sedang bermain
kelereng, siswa dapat menyimpulkan bagaimana gerak kelerang ketika salah satu
kelereng menabrak kelereng lain yang diam.
|
Level Kognitif
|
L3
|
Soal
Ahmad dan Hanif sedang bermain
adu kelereng. Kelereng Hanif menabrak kelereng Ahmad yang sedang diam.
Kejadian di bawah ini yang tidak
mungkin terjadi adalah….
A. Kedua kelereng bergerak ke
arah yang berbeda
B. Kedua kelereng bergerak
bersama-sama
C. Kedua kelereng diam
D. Kelereng Hanif berbalik arah
|
Kunci Pedoman Penskoran
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
C. Kedua
kelereng diam
|
1
|
Keterangan:
Soal ini termasuk
soal HOTS karena
1. bisa merangsang kemampuan berfikir tingkat tinggi
2. Proses aktivitas dalam pembelajaran dilengkapi dengan
kegiatan yang menarik
LK.4C KARTU SOAL URAIAN
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester : IV / 1
|
|
Kompetensi Dasar
|
3.4 Menghubungkan gaya dan gerak pada
peristiwa di lingkungan sekitar
|
Materi
|
Bentuk Energi dan Perubahannya
|
Indikator Soal
|
1. Disajikan suatu cerita tentang dua benda yang
dijatuhkan secara bersamaan, siswa dapat menyimpulkan bahwa gaya berat mempengaruhi
kecepatan jatuhnya benda.
2. Disajikan suatu cerita tentang anak yang sedang bermain
kelereng, siswa dapat menyimpulkan bagaimana gerak kelerang ketika salah satu
kelereng menabrak kelereng lain yang diam.
|
Level Kognitif
|
L3
|
Soal
Selembar kertas dijatuhkan
bersamaan dengan selembar kertas yang telah diremas. Kertas mana yang akan
jatuh ke lantai terlebih dahulu? Jelaskan!
|
Kunci Pedoman Penskoran
LK-4d Format Telaah Soal
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES
PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal :
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : IPA
Kls/Prog/Peminatan :
IV
Isilah tanda ceklist (v) pada
kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi
kaidah.
No.
|
Aspek yang
ditelaah
|
Butir Soal
|
1
|
||
A.
|
Materi
|
|
1.
|
Soal sesuai Kompetensi
Dasar (KD)
|
V
|
2.
|
Soal
sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
V
|
3.
|
Soal
tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Antargolongan, Pornografi,
Politik, Propaganda, dan Kekerasan).
|
V
|
4.
|
Soal menggunakan stimulus
yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia
nyata)*
|
V
|
5.
|
Soal menggunakan stimulus
yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).
|
V
|
6.
|
Soal menggunakan stimulus
yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).
|
V
|
7.
|
Soal
mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta).
Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan
tertentu.
|
V
|
8.
|
Jawaban tersirat pada stimulus
|
V
|
B.
|
Konstruksi
|
|
1.
|
Pokok
soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
|
V
|
2.
|
Rumusan
pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
|
V
|
3.
|
Pokok
soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.
|
V
|
4.
|
Pokok
soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.
|
V
|
5.
|
Pilihan
jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
|
V
|
6.
|
Gambar,
grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
|
V
|
7.
|
Panjang
pilihan jawaban relatif sama.
|
V
|
8.
|
Pilihan
jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua jawaban di atas salah/benar” dan
sejenisnya.
|
V
|
9.
|
Pilihan
jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya
angka atau kronologisnya.
|
V
|
10.
|
Butir
soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
|
V
|
C.
|
Bahasa
|
|
1.
|
Menggunakan bahasa yang
sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing
sesuai kaidahnya.
|
V
|
2.
|
Tidak menggunakan bahasa yang
berlaku setempat/tabu.
|
V
|
3.
|
Soal menggunakan kalimat yang
komunikatif.
|
V
|
Cibalong, Oktober 2019
Penelaah
DIAN, S.Pd
Format Telaah Soal Uraian
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal :
YANTI PARIDA, S.Pd.SD
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : IPA
Kelas/Program/Peminatan :
IV
Isilah tanda ceklist (v) pada
kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal
tersebut tidak memenuhi kaidah.
R 3 RUBRIK PENGEMBANGAN SOAL HOTS
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil karya pengembangan butir Soal USBN
Langkah-Langkah Hasil Kajian
-
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!2. Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Merumuskan indikator soal dengan tepat.
2.
Menuliskan soal sesuai indikator soal.
3.
Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
4.
Menuliskan soal pilihan ganda sesuai kriteria
soal HOTS.
5.
Menuliskan kunci jawaban pilihan ganda dengan
tepat.
6.
Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal
HOTS.
7.
Menuliskan kunci jawaban uraian dengan tepat.
Rubrik Penilaian :
Selengkapnya silahkan ambil filenya pada link di bawah ini !
Unduh Jawaban LK 4 Penilaian Berorientasi HOTS Tugas Diklat PKB Melui PKP Berbasis Zonasiif
Menuju Link Berikut :
- Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019
- Jadawan LK 2 ANALISIS UNIT PEMBELAJARAN
- Jawaban LK 3 Format Desain Pembelajaran Berdasarkan Model Pembelajaran Tugas In 2 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi
sANGAT MEMUASKAN
ReplyDelete